Wednesday, February 19, 2014

Laris Manis, Timnas U-19 Ditunggu Tur Nusantara Jilid II

Indra Sjafri -  IST
Seputar Timnas - Tur Nusantara Jilid II disiapkan Badan Tim Nasional (BTN) untuk Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, akhir Mei sampai akhir Juni mendatang. Sejauh ini, Tur Nusantara Jilid II yang merupakan rangkaian Road to AFC Cup 2014 Myanmar itu, baru Sumatera dan Papua yang dipastikan akan disinggahi Evan Dimas dan kawan-kawan.

Persiapan matang terus digenjot skuad Garuda Jaya, julukan Timnas U-19. Salah satu yang utama adalah menyiapkan berbagai laga uji coba untuk tim besutan Indra Sjafri sebelum berlaga di ajang Piala AFC U-19 Myanmar, Oktober 2014. Beberapa uji coba baik domestik dan internasional siap dijalani.

Tur Nusantara Jilid I saat sedang dijalani Timnas U-19. Ada 13 laga yang akan dijalani di DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan terakhir di Kalimantan. Setelah Tur Nusantara Jilid I selesai, Timnas U-19 akan bertolak ke Timur Tengah. Negara-negara seperti Uni Emirat Arab (UAE), Oman, Qatar, dan Bahrain akan jadi lawan uji tandang Timnas U-19 pada awal Mei.

"Setelah pulang dari Timur Tengah, dilanjut dengan evaluasi. Setelah evaluasi, akhir Mei sampai akhir Juni, ada Tur Nusantara Jilid II. Siapa lawan-lawannya akan disusun nanti bersama tim pelatih dan BTN," ungkap Sekertaris BTN, Sefdin Syaifudin.

"Untuk sementara, plot Provinsi yang akan dilewati ada Sumatera. Terdiri dari Sumatera Barat dan Sumatera Selatan. Lalu ada Jayapura juga. Karena ada dua klub ISL (Indonesia Super League) U-21 yang berlaga di kota tersebut. Yaitu Persipura Jayapura dan Perseru Serui," lanjutnya.

Sefdin menambahkan, jika sampai saat ini sudah banyak daerah-daerah yang mengajukan untuk disambangi Timnas U-19. Tapi menurutnya, semuanya tidak bisa dituruti. Karena BTN harus menyesuaikan dengan jadwal yang sudah dibuat oleh tim pelatih skuad Garuda Jaya. Selain itu, juga tergantung dari sarana dan prasarana di daerah yang bersangkutan.

"Ada juga permintaan dari member PSSI. Dari Asprov (Asosiasi Provinsi) Bali, Asprov Maluku Utara, Asprov Kepri. Tapi nanti kami lihat apakah tim pelatih punya slot waktu dan apakah memungkinkan ke sana. Bisa saja itu terjadi. Asalkan lapangan, transportasi memadai dari standar," tutup Sefdin.[sindo]