Thursday, February 13, 2014

Ke Semarang, Timnas U-19 Akan Turunkan Muka Baru

Foto - Antara
Seputar Timnas - Menjalani pertandingan melawan PSIS Semarang, Jumat, 14 Februari, tim nasional sepak bola usia di bawah 19 tahun (U-19) berfokus membentuk formasi. Tim pelatih, yang diketuai Indra Sjafri, ingin menemukan susunan skuad utama yang pas.

"Kami selalu mengevaluasi penampilan pada tiap laga dan juga melihat kerangka tim sampai menemukan pemain-pemain utama," kata Eko Purdjianto, asisten pelatih timnas U-19, saat dihubungi Tempo, Rabu, 12 Februari 2014. Usai kemenangan 1-0 atas tim pra-Pekan Olahraga Nasional Jawa Tengah, Garuda Jaya meninggalkan Solo dan berada di Semarang.

"Melawan PSIS, kami akan memainkan pemain yang belum bermain," ujar Eko. Tim pelatih masih membuka kemungkinan masuknya pemain baru. Kemarin, Indra Sjafri mengatakan tertarik memanggil penyerang tim pra-PON Daerah Istimewa Yogyakarta, Martinus Novianto. Sebab, pemain belia itu sukses dua kali membobol gawang timnas U-19.

Laga melawan PSIS Semarang merupakan bagian dari rangkaian uji coba timnas U-19. Sebanyak 13 pertandingan digelar sampai pertengahan bulan depan sebagai persiapan timnas U-19 menjalani Piala Konfederasi Asia (AFC) U-19 di Myanmar, Oktober mendatang.

Indonesia akan bersaing dengan negara-negara kuat Asia, seperti Korea Selatan, Jepang, Iran, Australia, dan Cina. Indra juga akan membawa pasukannya berlatih tanding ke Eropa dan Timur Tengah sebelum turnamen tersebut.

Dalam Tur Nusantara, Evan Dimas cs sukses menggulung seluruh lawannya, mulai PSS Sleman dengan skor 3-1, Persiba Bantul (2-0), tim pra-PON DIY (3-2), dan tim pra-PON Jawa Tengah (1-0) Namun, Indra masih menemukan sejumlah kelemahan, misalnya kebuntuan saat menghadapi lawan yang menerapkan pertahanan ketat dan penyelesaian akhir yang lemah.[tempo]