Friday, February 14, 2014

"Kampanye" Caleg di Tiket Timnas U-19 Tuai Banyak Kecaman

Yoyok Sukawi - IST
Seputar Timnas - Pemasangan foto pengurus PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, yang juga merupakan caleg dari Partai Demokrat, di tiket pertandingan uji coba timnas U-19 dan PSIS Semarang, langsung memicu kecaman di media sosial, salah satunya Twitter. 

Pemasangan foto tersebut terungkap setelah panitia pelaksana pertandingan membuka loket tiket pada Jumat (14/2/2014) sore. Lantas, foto Yoyok yang terpampang di bagian kanan tiket itu pun ramai diperbincangkan di Twitter. 

"PSIS Semarang malu-maluin ah, masa tiket nonton pertandingan lawan timnas U-19 ada foto Yoyok Sukawi. Olahraga aja di-politisasi wiii wiii," komentar @Samirres dalam akun Twitter-nya. 

"Sepak bola memang sasaran empuk untuk poliTIKUS! Tiket masuk timnas U-19 U-19 vs PSIS saja ada gambar calegnya.. Parah!!" tulis @Erdyan_Oscarino. 

"Tiket nonton U-19 malam ini ada gambar Caleg dan Parpol! Pada Nafsu amat kayaknya buat jadi orang yang menguasai Negara ini!" @tulis Arsal_EM.

PSSI melalui Sekretaris Jenderal Joko Driyono mengungkapkan bahwa pemasangan foto itu di luar tanggung jawab pihaknya. Ia mengaku baru mengetahui adanya pemasangan foto Yoyok di lembaran tiket pada Jumat sore sekitar pukul 16.00 WIB.

Joko sempat memberikan ancaman bahwa laga tersebut akan dibatalkan jika panitia pertandingan tidak menyatakan permintaan maaf secara terbuka kepada pihaknya. Menurutnya, rencana tersebut dilakukan demi melakukan proteksi terhadap timnas di semua level.

Yoyok beserta manajemen PSIS pun langsung mengutarakan permintaan maafnya terkait pemasangan foto tersebut. Ia mengaku tidak ada maksud apa pun, dan akan menjadikan insiden tersebut sebagai pelajaran bagi pihaknya 

"Kami memohon maaf. Saya selaku manajemen dan CEO PSIS minta maaf kepada PSSI, BTN, manajemen timnas, warga masyarakat Semarang dan Indonesia. Ini akan jadi evaluasi kami. Ini kami bikin surat permohonan maaf. Apalagi ini manajemen baru saya tujuannya hanya untuk memperkenalkan saya sebagai CEO baru PSIS," kata Yoyok.[kompas]