Wednesday, February 19, 2014

Inilah Kriteria Pemain Timnas U-23 Menurut Aji Santoso

Aji Santoso - BolaSkor
Seputar Timnas - VO2Max menjadi salah satu patokan penting bagi Aji Santoso. Aji menegaskan, hanya pemain dengan nilai VO2Max minimal 55 yang bisa menembus kuat Timnas U-23 yang diproyeksikan terjun di Asian Games 2014.

Menurut Aji, angka 55 menjadi batas minimal yang harus ditembus oleh calon pemain Timnas U-23. "Soal kriteria, standard kita VO2Max harus 55. Kalau di bawah itu tidak kita gunakan. Tidak akan kita masukkan," tegas eks pemain dan pelatih Persebaya ini.

Apa yang disampaikan Aji bukan tanpa alasan. Dalam Asian Games yang akan dilangsungkan di Incheon, Korea Selatan, para pemain Timnas U-23 akan dihadapkan para turnamen tingkat tinggi dengan jadwal yang sangat padat.

"Kita akan bermain dengan level yang tinggi, beda dengan SEA Games. Kalau VO2Max tak bagus, dia membutuhkan waktu yang lama untuk recovery dari pertandingan satu ke pertandingan berikutnya," jelas Aji.

"Sedangkan pertandingan disana intensitasnya tinggi dan waktu istirahatnya sebentar. Cepat tidaknya recovery, salah satunya tergantung VO2Max pemain," pungkas eks penggawa Timnas Indonesia era 90an dan awal 2000an ini.[beritajatim]