Tuesday, February 11, 2014

Ini Alasan Van Dijk Dan Andik Tak di Panggil Timnas

Sergio Van Dijk dan Andik Vermansyah - IST 
Seputar Timnas - Sebuah langkah berani diambil Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, dalam menetapkan skuad yang akan diboyong ke Arab Saudi. Pelatih asal Austria tersebut menyertakan Cristian "El Loco" Gonzales yang telah berusia 38 tahun.

Sebaliknya, Riedl, justru meninggalkan Andik Vermansyah. Penyerang lincah yang sempat menjadi primadona Timnas itu bahkan tak masuk dalam pemain kategori daftar tunggu. Saat ini, Andik memperkuat tim Malaysia, Selangor FA.

Satu nama lainnya yang luput adalah Sergio Van Dijk. Mantan pemain Persib Bandung itu juga sempat menjadi andalan timnas Indonesia. Saat ini, Van Dijk memperkuat tim asal Iran, Sepahan. 

"Kami memanggil pemain berdasarkan statistik, perkembangan, konsistensi, dan kontribusi pemain bersama timnya dalam beberapa laga awal ISL 2014 ini," kata Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Widodo Cahyono Putro, Selasa 11 Februari 2014.

Menurut Widodo, tim pelatih mencari pemain tidak didasarkan kepada usia, melainkan performa di lapangan dan kontribusinya terhadap tim. "Riedl menginginkan pemain yang sesuai dengan pola permainannya," beber Widodo. 

El Loco terakhir kali memperkuat Indonesia, 15 November 2011. Saat itu, Tim Merah Putih bertemu Iran di Pra Piala Asia 2014 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Musim ini, Gonzales kembali memperkuat Arema Cronus. Mantan pemain Persik Kediri itu telah mencetak 4 gol dalam tiga laga Singo Edan. 

Widodo juga mengatakan, jam terbang di klub juga menjadi pertimbangan bagi Riedl. Karena itu, Van Dijk dan Andik yang jarang mendapat kesempatan sebagai starter di tim barunya, tidak dipanggil. 

"Seperti yang sudah dikatakan, kontribusi, performa, serta konsistensi permainan menjadi pertimbangan utama. Jadi kalau tidak tampil sebagai pemain utama, kami akan sulit untuk memantau permainan mereka," jelas Widodo. 

Sebanyak 23 nama telah dipanggil memperkuat Indonesia menghadapi Arab Saudi. Sedangkan 7 nama lainnya ditempatkan sebagai cadangan.  Sebelum bertolak, para pemain akan mengikuti pemusatan latihan di Tangerang, sejak 25 Februari 2014.[viva]