Friday, February 28, 2014

Ini Alasan Riedl Panggil Banyak Pemain "Tua"

Timnas Berlatih - VIVA
Seputar Timnas - Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, mengungkapkan alasannya memanggil banyak pemain veteran ke dalam skuadnya untuk menghadapi Arab Saudi, 5 Maret 2014 nanti. Pengalaman serta peningkatan performa para pemain itu menjadi pertimbangan utama Riedl memanggil mereka.

Tercatat, ada sekitar empat pemain veteran yang dipanggil oleh pria Austria tersebut. Mereka adalah Cristian Gonzales, Muhammad Ridwan, Firman Utina, dan Hamka Hamzah. Keempatnya adalah pemain andalan Riedl di Piala AFF 2010.

Menurut Riedl, para pemain veteran tersebut saat ini tengah berada dalam performa yang sangat baik. Gonzales kembali menemukan ketajamannya bersama Arema. Hingga kini, dia mampu memimpin daftar top skor sementara Liga Super Indonesia (ISL) 2014 dengan torehan 5 gol.

Lalu, usai memutuskan untuk bergabung ke klub Malaysia, PKNS FC, Hamka langsung merebut satu tempat di tim utama. Tidak hanya kokoh di jantung pertahanan, Hamka juga terhitung sebagai pemain belakang paling produktif di PKNS.

Sejauh ini dia sudah menyumbangkan 3 gol untuk timnya. Untuk Firman dan Ridwan, dua pemain ini sebenarnya selalu menjadi korban rotasi dari pelatih mereka di Persib Bandung, Jajang Nurjaman. Namun, keduanya mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya saat diturunkan sebagai starter.

"Memang mereka sedang berada dalam performa yang bagus. Saya pikir memang mereka layak untuk bisa membela timnas meski tidak lagi muda. Saya tahu betul kemampuan mereka," kata Riedl, Kamis 27 Februari 2014.

"Selain masalah performa, sosok mereka juga bisa menjadi teladan bagi para pemain muda. Pengalaman mereka juga akan sangat bermanfaat dalam menghadapi laga melawan Arab Saudi nanti," sambung dia.

Di samping memanggil pemain-pemain veteran, pria 64 tahun itu juga mengajak empat pemain debutan ke Timnas. Alfin Tuassalamony, Manahati Lestusen, I Gede Sukadana, dan Irsyad Maulana, merupakan pemain-pemain yang baru saja mencicipi kerasnya persaingan di tim senior.

"Saya akan memberikan kesempatan bagi pemain muda untuk menunjukkan kemampuan mereka. Saya berharap mereka bisa mengembangkan bakat mereka lebih baik lagi," ucap Riedl.[viva]