Tuesday, February 4, 2014

Djohar : Penonton Harus Tingkatkan Kualitasnya

Koreo Slemania - IST
Seputar Timnas - Pada laga timnas Indonesia U-19 kontra PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (3/2) juga turut dihadiri Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin. Djohar pun ikut merasakan atmosfer yang diberikan oleh penonton di stadion pada laga yang dimenangkan oleh tim Garuda Jaya dengan skor 3-1 itu.

Kendati tergolong tertib dan kreatif, namun tingkah laku suporter pada pertandingan itu masih ada saja yang kurang simpatik. Misalnya, dengan melempar beberapa kali banyak kertas ke arah lapangan.

Meski bermaksud kreatif dalam melakukan aksi, namun aksi itu cukup mengganggu konsentrasi para pemain. Dikhawatirkan apabila aksi tersebut dilakukan dalam skala pertandingan internasional, bisa mengundang sanksi dari FIFA maupun AFC.

Djohar pun memberikan tanggapannya mengenai hal tersebut. "Indonesia sudah go internasional. Artinya, perhatian dunia sudah ada di Indonesia. Penonton juga harus meningkatkan kualitasnya, bisa ikut peraturan yang telah ditetapkan FIFA dan AFC," ucap Djohar, usai pertandingan.

"Jadi kita sudahlah cukup dihukum. Tidak boleh ada lagi pertandingan tiada penonton. Cukup lah, jangan ada lagi ke depan," tambah Djohar.   

Pria berusia 63 tahun itu pun berharap klub-klub yang akan dikunjungi dalam tur timnas U-19, maupun di daerah lainnya terus melakukan pembinaan pemain usia dini.

"Pertandingan tadi bukanlah awal. Mereka (timnas U-19) sudah lama sekali tidak bermain. Tapi ini awal yang bagus. Mudah-mudahan semakin hari semakin baik," pungkas Djohar. [goal]