Friday, February 7, 2014

Djodri: PSSI Raup Keuntungan Rp 10 Miliar Sepanjang 2013

Djoko Driyono - GOAL
Seputar Timnas - Pendapatan PSSI selama 2013 mengalami surplus sebesar Rp 10 miliar. Namun, PSSI menargetkan jumlah yang lebih besar pada tahun-tahun mendatang.

Menurut Sekjen PSSI, Joko Driyono, surplus sebesar Rp 10 miliar yang dialami PSSI selama tahun lalu tak membuatnya terkejut. Dia percaya, sudah seharusnya induk organisasi sepakbola tanah air menerima keuntungan, bila semua kegiatan terlaksana dengan lancar.

Terkait pengeluaran PSSI setiap tahun, Joko mengklaim pihaknya setidaknya menggelontorkan dana Rp 150 miliar. Dia juga membandingkan dengan federasi sepakbola Jepang, yang setiap tahunnya menghabiskan dana sekitar Rp 1,6 triliun.

“Boleh dikatakan rasio sepakbola Indonesia mengeluarkan uang dana triliunan rupiah tiap tahun. Klub-klub itu mengeluarkan dana besar, sehingga jika PSSI surplus sebesar itu, kita tidak terkejut, karena kita mengejar jumlah lebih besar dari itu," terang Joko kepada wartawan di Kantor PSSI, Kamis 6 Februari 2014.

Terkait surplus Rp 10 miliar, Joko mengatakan bahwa hasil itu berasal dari uang hak siar televisi. Selain itu, penjualan tiket pertandingan juga menyumbang dana cukup banyak untuk PSSI, walaupun dia tak merinci jumlahnya.

“Pendapatan dari TV Right kami besar. Walaupun sebenarnya masih di bawah proyeksi. Ditambah juga pemasukan dari tiket," jelasnya.

"Sebenarnya nilai itu di bawah target karena di tengah jalan putusan AFC turun dan kami harus mengeksekusinya di pertandingan melawan China. Di Sidoarjo (Piala AFF), kami juga mendapat income," papar Joko.

Sepanjang tahun 2014 ini tampaknya PSSI akan menambah keuntungan. Pasalnya, akan ada kompetisi Piala Asia U-19 dan Piala AFF pada akhir tahun.[viva]