Friday, February 7, 2014

Bulan Maret, Timnas U-19 Bakal Lawan Juara Asia 2008

Timnas U-19 - IST
Seputar Timnas - Timnas Indonesia U-19 menjadwalkan tiga pertandingan uji coba saat melakoni Tur Timur Tengah sepanjang bulan Maret 2014. Salah satu calon lawan mereka adalah timnas U-19, Uni Emirat Arab.

Menurut Sekjen PSSI, Joko Driyono, saat ini tim asuhan Indra Sjafri fokus terlebih dahulu menjalani Tur Nusantara lalu dijadwalkan melakoni Tur Timur Tengah sekaligus menjalani umroh.

Dari tiga tim yang akan menjadi lawan Garuda Jaya di Tur Timur Tengah, baru satu tim yang sudah mengonfirmasi bersedia menghadapi Timnas U-19, yaitu UEA U-19.

Saat ini, Timnas U-19 tengah menjalani Tur Nusantara di Pulau Jawa dan Pulau Kalimantan sejak 3 Februari sampai 17 Maret 2014. Setelah itu, baru Evan Dimas dan kawan-kawan bertolak ke Timur Tengah.

"Maret 2014 dijadwalkan Tur Timur Tengah untuk Timnas U-19. UEA (Uni Emirat Arab) sudah mengonfirmasi tim U-19 mereka untuk melawan kita, dua lawan lainnya masih dicari," terang Joko kepada wartawan di Kantor PSSI, Kamis 6 Februari 2014.

Timnas U-19 UEA bukannya sebuah tim enteng. Mereka langganan Piala Asia, bahkan sempat menjadi juara Asia U-19 pada 2008 di Arab Saudi. Mereka juga tercatat tiga kali menembus Piala Dunia U-20.

Sementara itu, mengenai pengelolaan Timnas dari berbagai level usia, Joko mengakui Timnas U-19 menjadi acuan. Selain itu, terkait jersey berbeda yang dipakai Garuda Jaya selama Tur Nusantara, Joko mengungkapkan bahwa hal itu sengaja dilakukan.

"Kaus untuk semua level usia sudah dipenuhi semua, tapi karena aktivitas padat, harus ada terobosan. BTN membuat jersey khusus untuk laga tidak resmi," jelasnya. [viva]