Wednesday, February 26, 2014

Batal Lawan Arema U-21, Timnas U-19 Diistirahatkan

Timnas U-19 - IST
Seputar Timnas - Tim nasional (timnas) U-19 dipastikan tidak menjalani seluruh laga uji coba yang telah dijadwalkan Badan Tim Nasional (BTN) selama di Jawa Timur (Jatim). Hal itu terjadi, setelah BTN tidak dapat pengganti Arema Crounus U-21 yang membatalkan laga uji coba kontra timnas U-19 yang seharusnya digelar hari ini. 

Dalam jadwal Tur Nusantara timnas U-19 di Jawa Timur, awalnya ada empat tim yang disiapkan BTN. Seperti dua diantaranya yang sudah berlangsung, ketika timnas U-19 bermain imbang, 1-1, kontra tim Pra PON Jatim, (21/2), dilanjut menang, 4-2, dari Persebaya Surabaya U-21, (24/2). Terakhir yang masih terjadwal, dijamu Persikoba Kota Batu, (28/2).  

"Informasi yang didapat BTN dari Asprov (Asosiasi Provinsi) Jatim tidak ada pertandingan (hari ini). Awalnya BTN menugaskan Asporov-Asprov untuk menyiapkan lawan," ungkap Sekertaris BTN, Sefdin Syaifudin.

"Karena tidak ada, akhirnya dibuat istirahat dan melanjutkan pelatnas (pelatihan nasional) saja. Dan setelah itu, langsung ke Batu pada tanggal 28 Februari mendatang kontra Persikoba," lanjut Sefdin.

Apa yang disampaikan Sefdin, diamini KONI Jatim selaku panitia pelaksana semua laga skuad Garuda Jaya, julukan timnas U-19, di Jatim. Lewat Ketua Harian KONI Jatim, Dimam Abror, kepastian itu juga didapat. Dimam mengaku, jika pihak KONI Jatim telah mengusahakan lawan pengganti Arema U-21, namun pada akhirnya tidak ada yang bisa menyanggupi. 

Awalnya sempat ada beberapa tim alternatif pengganti yang coba diajukan untuk menggantikan Arema U-21. Seperti diantaranya ada Persik Kediri U-21, yang sempat dikedepankan sebagai pengganti. Namun dengan berjalannya waktu, panitia pelaksana (panpel) Persik pun akhirnya tidak sanggup sebagai tim pengganti dengan singkatnya waktu yang dimiliki. 

"Iya betul, untuk uji coba tanggal 26 Februari yang awalnya melawan Arema U-21 akhirnya batal. Kami coba siapkan lawan-lawan pengganti. Sempat ada Malang Selection, tapi akhirnya mereka juga tidak siap. Kami pun sudah menginformasikan kepada tim pelatih timnas U-19 soal pembatalan tersebut," jelas Dimam. 

Tur Nusantara yang terbagi dalam di empat daerah seperti DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan, adalah bagian dari serangkaian uji coba timnas U-19 sebelum berlaga di Piala AFC U-19 di Myanmar, Oktober 2014 mendatang. Di mana pada awalnya, akan ada 13 laga yang akan dilewati skuad Garuda Jaya di Tur Nusantara kali ini. 

Setelah Tur Nusantara, timnas U-19 akan menjalani tur Timur Tengah, di mana negara-negara seperti Uni Emirat Arab (UEA), Oman, Qatar, dan Bahrain, dijadwalkan menjadi lawan Evan Diman dkk. Uji coba pun berlanjut dengan laga-laga persahabatan kontra Jepang, Myanmar, dan Selandia Baru. Semua laga kontra ketiga negara tersebut akan digelar di Tanah Air. 

Selepas melakoni dua agenda di atas, skuad Garuda Jaya kembali bersiap menjalani Tur Nusantara Jilid II. Sejauh ini baru ada dua daerah yang siap menjajal timnas U-19, yaitu klub asal Papua seperti Persipura Jayapura U-21 dan Perseru Serui U-21. Selain kedua klub tersebut, timnas U-19 juga siap menjajal Semen Padang U-21 dan Sriwijaya FC U-21. 

Ditantang negara atau klub papan atas dunia, menjadi jadwal uji coba timnas U-19 selanjutnya. Bertarung dalam ajang bertajuk Turnamen U-20, klub-klub yang dihadapi seperti Barcelona U-20 dan Valencia U-20 untuk ukuran klub. Sementara untuk negara, timnas U-19 akan dijajal Brasil U-20, Argentina U-20, Spanyol U-20, Amerika Serikat U-20, dan Chile U-20. [okezone]

Rangkaian Road To AFC Cup U-19 2014, Timnas U-19 ;

Februari - Maret ; Tur Nusantara Jilid I ( Lawan-lawan yang dihadapi ; PSS Sleman, Persiba Bantul, Pra PON DIY, Pra PON Jawa Tengah, PSIS Semarang, Persijap Jepara, Pra PON Jawa Timur, Persebaya Surabaya, Persikoba Kota Batu, Persiba Balikpapan, Pusam Samarinda, Mitra Kukar

April ; Tur Timur Tengah
Lawan-lawan yang dihadapi ;
Uni Emirat Arab (UEA) Oman, Qatar, Bahrain (masih menunggu kepastian)

Mei ; Laga Persahabatan
Lawan-lawan yang dihadapi ; Jepang, Selandia Baru, Myanmar

Akhir Mei - Akhir Juni ; Tur Nusantara Jilid II Lawan-lawan yang dihadapi ; Persipura Jayapura, Perseru Serui, Sriwijaya FC, Semen Padang (Masih akan bertambah)

Agustus ; Tur Eropa
Lawan-lawan yang dihadapi ; Barcelona U-20, Valencia U-20, Brasil U-20, Argentina U-20, Spanyol U-20, Amerika Serikat U-20, Chile U-20 (Beberapa diantaranya)