Monday, February 10, 2014

Awali Tur Jateng, Timnas U-19 Andalkan Pemain Pelapis

Skuad Timnas U-19 - IST
Seputar Timnas - Timnas Indonesia U-19 akan kembali menjalani rangkaian Tur Nusantara, Senin, 10 Februari 2014. Usai menuntaskan Tur Yogyakarta, kini Garuda Jaya akan menjajal kekuatan Tim Pra PON Jawa Tengah di Stadion Manahan, Solo.

Dalam uji coba ini, Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, mengisyaratkan kembali memberi kesempatan kepada pemain-pemain pelapis. Sebelumnya, mereka sempat diturunkan saat Garuda Jaya beruji coba melawan Tim Pra PON DIY.  

Penampilan mereka memang belum terlalu memuaskan pada pertandingan itu. Lini tengah kerap kehilangan bola dengan mudah, sedangkan sektor belakang kerap kali melakukan kesalahan fatal dan berujung dua gol untuk tim lawan. 

Menurut Indra, kualitas pemain-pemain baru dalam laga internal sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan muka lama. Bahkan, menurut mantan pelatih PSP Padang itu, tim yang dihuni pemain-pemain baru kerap mengalahkan skuad Evan Dimas cs. 

"Mental jadi masalah utama ketika pemain-pemain baru turun dalam laga resmi. Mereka memang butuh jam terbang lebih banyak dan perlu diturunkan dalam laga-laga uji coba agar tidak demam panggung. Selain itu, diharapkan melalui proses ini kualitas semua pemain menjadi rata," kata Indra.

Pelatih 51 tahun itu membeberkan, penguasaan bola masih akan menjadi fokus utama Pasukan Garuda Jaya. "Saya masih ingin mengasah penguasaan bola. Di lini belakang, jangan sampai kehilangan konsentrasi. Lalu, untuk para striker diharapkan jangan kehilangan bola dengan mudah dan harus lebih efektif lagi." 

Selama di Jawa Tengah, Timnas U-19 tak hanya berhadapan dengan Tim Pra PON Jateng. Setelah itu, pasukan Indra Sjafri juga akan berhadapan dengan PSIS Semarang (14 Februari 2014) dan Persijap Jepara (17 Februari 2014).[viva]