Thursday, February 13, 2014

Apung Widadi Bersikukuh Miliki Bukti Penyelewengan Dana di PSSI

Apung Wadadi - Antara Foto
Seputar Timnas - Aktivis Save Our Soccer Apung Widadi secara terang-terangan menolak untuk membeberkan bukti adanya penyelewengan dana di tubuh PSSI. Hal ini terkait permintaan PSSI yang terlebih dahulu melakukan somasi terhadap dirinya terkait pernyataan Apung di situs jejaring sosial.

Meskipun demikian, mantan aktivis Indonesia Corruption Watch itu menjamin dirinya memang memiliki bukti terkait pernyataannya. Apung hanya akan memaparkan bukti itu jika diminta oleh penegak hukum dengan syarat PSSI terlebih dahulu melakukan transparansi anggaran.

"Kalau saya ngasih bukti begitu saja, sama saja seperti saya tunduk ke PSSI. Lebih baik PSSI menyampaikan terlebih dahulu laporan keuangan mereka. Kalau soal penggelapan, ya biar nanti penegak hukum yang membuktikan," kata Apung di kantor Kontras, Rabu (12/2).

Senin (10/2) lalu, Apung disomasi oleh PSSI terkait pernyataannya di Forum Diskusi Suporter Indonesia (FDSI) di situs Facebook. Apung menuduh bahwa hak siar Tim Nasional U-19 dalam Tur Nusantara senilai Rp16 miliar diselewengkan oleh oknum petinggi PSSI.

Apung menyatakan uang itu digunakan untuk membiayai klub Persebaya 'palsu' alias Persebaya Surabaya yang kini berlaga di Liga Super Indonesia 2014. Meskipun demikian, kuasa hukum SOS, Munhur Satyahaprabu, menolak jika tindakan ini melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

"Tidak ada (penyebutan) institusi di dalam status, tidak juga dijelaskan subjek status itu meski ada inisial yang itu bisa berarti siapa saja, maka kami berprasangka ini adalah mainan satu-dua orang yang mengatasnamakan PSSI untuk kepentingan pribadi," tandas Munhur.

Hingga Rabu (12/2), Apung maupun SOS mengaku belum menerima surat somasi resmi dari PSSI. Meskipun demikian, pihaknya tidak takut jika PSSI benar-benar mempolisikan kasus ini karena mereka akan menuntut balik adanya tranparansi keuangan yang justru bakal mengungkap lebih banyak lagi penyelewengan dana di induk cabang olahraga sepak bola nasional itu.

"Kalau memang pernyataan saya tidak benar, PSSI silakan membuktikannya dengan membeberkan laporan transparansi keuangan mereka," tantang Apung. [metrotv]