Sunday, February 23, 2014

Anggota DPR Ingatkan Jangan Sampai Evan Dimas Cs Kurang Gizi

Aksi Evan Dimas - Metrotv
Seputar Timnas - Harapan besar kembali tertumpu pada Timnas U-19 setelah berhasil lolos sebagai juara grup untuk mengikuti Kejuaraan AFC 2014 yang akan diselenggarakan di Myanmar pada 5-22 Oktober mendatang.

Anggota Komisi Olahraga DPR, Anton Sukartono Suratto menyatakan, prestasi Indra Sjafri dan anak asuhnya di Timnas Indonesia patut diapresiasi. 

"Mereka layak mendapat acungan jempol dan keberadaan mereka harus tetap dipertahankan," ujar Anton dalam keterangan yang diterima, Sabtu (22/2).

Pria yang karib disapa Kang Anton ini mengatakan, prestasi yang sudah berhasil diraih oleh tim yang dimotori Evan Dimas itu sebaiknya jangan sampai 'diobok-obok' oleh berbagai kepentingan yang akan menurunkan prestasi mereka.

Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR itu juga mengatakan, pihak terkait seperti Menteri Pemuda dan Olahraga harus tetap memberi perhatian lebih kepada Timnas U 19.

Anton menilai bahwa salah satu yang harus diperhatikan adalah kebutuhan gizi para pemain. Menurutnya, kekalahan yang sering dialami oleh pemain sepakbola Indonesia adalah karena gizi yang tidak tercukupi.

"Mereka harus tetap dipertahankan dengan mengupayakan memenuhi macam-macam kebutuhan mereka," katanya.

Dia menambahkan, pemain sepakbola membutuhkan satu setengah kali kebutuhan energi orang dewasa dengan postur yang relatif sama. Sebab, pemain sepakbola dikategorikan sebagai seseorang yang melakukan aktivitas fisik yang berat.

"Ini adalah faktor paling utama yang harus diperhatikan," ungkap Anton.

Selain itu, Anton juga mengingatkan masalah honorarium pemain juga harus diperhatikan. Menurutnya, honorarium harus dibayar dengan pantas dan dibayarkan tepat waktu.[jawapos]