Monday, February 17, 2014

Aji Terbentur Regulasi Panggil Pemain Jebolan SEA Games 2013

Aji Santoso - IST
Seputar Timnas -  Pelatih Timnas Indonesia U-23, Aji Santoso telah menyetorkan 28 daftar nama pemain untuk mengikuti pemusatan latihan menghadapi Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan. Aji mengungkapkan, dari puluhan nama pemain itu terdapat muka baru yang akan menghuni skuat Garuda Muda.

Sesuai regulasi, hanya pemain dengan batas kelahiran Januari 1991 yang bisa tampil di Asian Games 2014 pada 19 September hingga 4 Oktober 2014.

Alhasil, mantan pilar Persebaya Surabaya itu sudah tidak bisa memanggil beberapa pemain jebolan SEA Games 2013 karena telah melampaui batas usia. Aji mengakui, Timnas U-23 nantinya akan dihuni pemain muda.

"Beberapa pemain SEA Games telah melebihi usia untuk tampil di Asian Games. batas usia pemain kelahiran Januari 1991," katanya.

"Memang, ada beberapa nama lama akan kembali masuk skuat. Tapi akan ada banyak nama pemain baru bahkan yang jarang di dengar orang. Hingga saat ini, saya masih menseleksi pemain yang pantas mengisi skuat timnas U-23 dari kompetisi ISL maupun Divisi Utama," paparnya.

Pelatih yang pernah menukangi Timnas Indonesia itu menyatakan pemain yang dipanggil murni pilihannya. Tidak ada pemain titipan. Pemain yang menghuni Timnas U-23 hasil pemantauan dengan dua asistenya, Mustaqim dan Zein Al Hadad.

"Tidak ada istilah pemain titipan, saya jamin itu. Ketua BTN, La Nyalla Mattalitti sudah memberi wewenang kepada saya terkait pemanggilan pemain. Jadi semuanya murni keputusan saya," tegasnya.

Untuk saat ini, Aji belum mau memberikan keterangan lebih jauh terkait nama-nama kandidat yang akan dipanggil. Pelatih 43 tahun itu masih akan mengadakan rapat dengan Badan Tim Nasional (BTN), Selasa (18/2/2014) besok di Surabaya terkait program persiapan Asian Games, termasuk lokasi training-camp."Masalah daftar nama pemain dan lokasi TC, akan dirilis usai saya meeting dengan BTN pada18 Februari, besok."

Aji menambahkan, mengenai tempat pemusatan latihan masih tentatif. Rencananya, Timnas U-23 dijadwalkan menjalani pemusatan latihan tahap pertama pada 24 Februari di Yogyakarta. Namun program itu tertunda akibat bencana erupsi Gunung Kelud pertengahan pekan lalu.

"Rencananya tanggal 24 ini kami akan adakan TC di Yogyakarta, namun seperti diketahui, baru saja terjadi bencana meletusnya Gunung Kelud dan Yogyakarta terkena dampaknya. Jadi kami akan tentukan lagi nanti setelah melihat kondisi di sana." [liputan6]