Monday, February 3, 2014

Aji Santoso Inginkan VO2Max Pemain Timnas U-23 di Angka 55

Aji Santoso - IST
Seputar Timnas - Pemusatan latihan tim nasional Indonesia U-23 akan mulai digelar akhir Februari 2014. Pelatih timnas U-23, Aji Santoso mengatakan pihaknya sudah punya gambaran mengenai program yang akan dilakukan.

Salah satunya peningkatan stamina pemain. Ia menuturkan bahwa pemain akan ditingkatkan kondisi fisiknya hingga VO2Max-nya mencapai angka 55.

Peningkatan VO2Max ini bukan tanpa sebab. Kelas dari turnamen Asian Games yang berbeda dengan SEA Games menjadi penyebabnya. Selain itu, jadwal pertandingan yang pendek menjadi faktor lain.

“Kalau pemain tidak memiliki VO2Max tinggi, akan menjadi kendala mengingat masa pemulihan kondisi pendek,” kata Aji Santoso.

Aji menambahkan, hanya beberapa penggawa timnas U-23 yang memiliki VO2Max di atas 55, yaitu Andik Vermansyah, Rizky Pellu, Manahati Lestusen, dan Alfin Tuasalamony. Namun, angka itu akan dicek lagi.

“Itu merupakan hasil ketika ikut SEA Games di Myanmar. Tentu, kami harus mengetahui kondisi terakhir,” kata Aji Santoso.

VO2Max di angka 55 itu juga menjadi syarat bagi penggawa untuk bergabung di timnas U-23. Aji memberikan dua kesempatan kepada pemain agar angka itu sesuai harapan.

“Kami akan memberikan dua kali karena syarat ini menjadi yang pertama untuk pemain. Pemain tentu punya kesempatan untuk memperbaikinya karena akan pulang ke klub setelah pemusatan latihan akhir Februari. Pastilah pemain bisa mencapai angka itu,” ujar Aji.[sportsatu]