Sunday, February 16, 2014

Agar Bisa Terpanggil Timnas Lagi, Andik Fokus Masuk ke Tim Inti Selangor

Andik Vermansyah - Selangor FA
Seputar Timnas -Salah satu kejutan terbesar dalam pengumuman daftar pemain tim nasional (timnas) senior asuhan Alfred Riedl adalah tak adanya nama Andik Vermansah. Pemain klub Malaysia Selangor FA itu bahkan tak masuk dalam daftar pemain tunggu.  

Padahal, sejak membela skuad SEA Games 2011, Andik selalu menjadi langganan masuk timnas. Baik itu senior maupun U-23. Widodo Cahyono Putro, salah seorang asisten Riedl, mengatakan, tak dipanggilnya pemain yang pernah mendapat jersey David Beckham itu lebih karena minimnya minute play.

Dalam lima laga di klubnya kini, Selangor FA, di Malaysia Super League musim ini, anggota timnas SEA Games 2013 itu baru bermain empat kali sebagai pemain pengganti. "Ya alasannya memang menit bermain (di klubnya)," kata  Widodo.

Selain itu, lanjut Widodo, Andik harus banyak belajar dari pengalaman di timnas, kompetisi Indonesia, maupun Liga Super Malaysia. "Andik harus terus belajar untuk bisa bekerja sama secara tim," tuturnya.

Sementara itu, Andik yang dihubungi mengaku tak pernah berpikir negatif tentang tak terpilihnya dia ke skuad timnas. Yang terpenting bagi mantan bintang Persebaya Surabaya yang berkiprah di Indonesian Premier League itu adalah bagaimana terus meningkatkan performa.

"Berarti saya harus lebih maksimal lagi di klub. Latihan lebih lagi," ucapnya.

Mengenai belum menjadi pilihan reguler di klub, dia mengakui itu karena dia termasuk pemain yang terakhir bergabung. Karena itu, perlu adaptasi terlebih dulu untuk bisa menyatu dengan tim.

Meski belum pernah menjadi starter sejauh ini, minute play yang didapatkan Andik terus bertambah. Dari hanya turun di 15 menit akhir sampai akhirnya dimainkan mulai awal babak kedua.

"Saya harus bersabar, tapi juga membuktikan bahwa saya mampu agar bisa masuk di tim inti. Saya harus bisa bersaing untuk masuk tim ini agar terpanggil kembali ke timnas," tuturnya.[jawapos]