Wednesday, January 8, 2014

Widodo C Putro: Pemain Fresh untuk Piala AFF

Widodo C Putro - IST
Seputar Timnas - Monitoring pemain calon penghuni timnas dalam Inter Island Cup (IIC) 2014 bakal dimulai besok (9/1). Itu bertepatan dengan kedatangan Alfred Riedl ke Indonesia. Setidaknya ada 40 nama pemain yang masuk dalam daftar pengamatan sepanjang IIC nanti. Nama-nama tersebut ada di daftar Riedl 2010 silam.
    
Namun, sepertinya bukan hanya 40 nama saja yang akan masuk dalam daftar pengamatan jajaran pelatih timnas nanti. Tidak menutup kemungkinan bakal ada pemain-pemain yang berada di luar daftar tersebut juga ikutan di-monitoring. Hal tersebut diungkapkan oleh asisten pelatih di timnas senior, Widodo Cahyono Putro.
     
Menurut Widodo, dengan jumlah pemain yang lebih banyak dari 40 nama bukan tidak mungkin itu bisa menemukan komposisi untuk skuad kualifikasi Piala Asia. Karena, untuk pertandingan lawan Arab Saudi pada 5 Maret mendatang sudah pasti bakal menurunkan pemain-pemain yang pernah didaftarkan Jacksen Ferreira Tiago sebelumnya.
      
Namun, untuk pemain yang berada di luar daftar skuad Piala Asia racikan Jacksen tidak perlu langsung berkecil hati.

"Kalaupun ada pemain yang performanya bagus dan tidak terdaftar, bisa saja kami proyeksikan untuk masuk di dalam timnas Piala AFF bukan untuk di Piala Asia," ujarnya.
    
Widodo nantinya hanya akan bertugas memonitor permainan pemain-pemain yang ada di IIC 2014, khususnya yang berada di Jawa Timur. Yaitu di Malang dan Kediri. Dari delapan klub yang ada di dua grup tersebut, mantan pelatih Persegres Gresik itu memperkirakan bakal muncul talenta baru.
    
Menurut Widodo, tidak ada salahnya jika masuk dalam skuad untuk Piala AFF 2014. Lagipula, masa persiapan untuk Piala AFF jelas lebih panjang ketimbang timnas Piala Asia yang termasuk di dalam jangka pendek. "Untuk timnas Piala Asia hanya 18-20-an pemain. Kalau Piala AFF, bisa lebih dari itu," imbuhnya.
     
Sementara itu, Riedl langsung diberikan tugas untuk memonitor pemain di klub-klub selama IIC 2014. Pelatih berkebangsaan Austria itu langsung memulai tugasnya di grup paling timur, Papua.

"Rencana pertama beliau ke Papua. Mungkin, setelah dari Papua dia akan ke Jatim untuk memantau IIC di sana," ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Joko Driyono. (jawapos)