Friday, January 24, 2014

Widodo C Putro Disiapkan Tukangi Timnas U-23

Widodo C Putro
Seputar Timnas - Satu hari jelang pengumuman pelatih kepala tim nasional U-23, nama baru muncul sebagai kandidat. Widodo Cahyono Putro, yang kini menjadi asisten pelatih timnas senior, disebut-sebut merupakan keputusan final Badan Tim Nasional (BTN) PSSI.

Sebelumnya, nama yang santer terdengar sebagai kandidat terkuat ialah mantan asisten pelatih timnas U-23 Aji Santoso. Mantan pelatih timnas senior Nilmaizar juga disebut-sebut masuk bursa pelatih timnas U-23 ini. Namun, keduanya belum menyatakan konfirmasi.

Ketika dihubungi, Widodo pun masih menggantungkan kabar penunjukannya tersebut. Ia menyatakan belum mendengar kabar itu, tapi mengaku siap jika PSSI melalui BTN menunjuknya sebagai arsitek anyar menggantikan Rahmad Darmawan. 

“Saya belum mendapat konfirmasi dari BTN soal itu. Tapi kalau ditunjuk, saya siap,” kata Widodo.

Hingga kini, imbuhnya, Widodo masih melakukan tugas sebagai asisten pelatih timnas senior di bawah instruksi Alfred Riedl. Ia pun mengaku masih terus mencari pemain untuk masuk pemusatan latihan (TC) timnas senior yang direncanakan 25 Februari.

“Sejauh ini, kontrak saya dengan BTN masih sebagai asisten pelatih timnas senior. Jadi, sampai sekarang juga saya masih mencari pemain untuk masuk seleksi timnas senior,” imbuhnya.

PSSI baru akan mengumumkan nama resmi pelatih timnas U-23 pada 25 Januari 2014 melalui rapat komite eksekutif di Surabaya. 

Sekretaris Jenderal PSSI Joko Driyono hingga kemarin belum mau membeberkan nama kandidat pelatih yang akan dirapatkan tersebut.

Meskipun demikian, ia tidak menampik Widodo sebagai salah satu kandidat. 

Menurut rencana, Komite Eksekutif PSSI akan mengambil suara terbanyak dalam penentuan pelatih, tapi tidak tertutup peluang juga akan adanya calon tunggal. 

“Bisa dua, bisa juga satu (kandidatnya). Itu (penunjukan dari salah satu asisten pelatih timnas senior) pun bisa,” kata Joko.

Setelah ditunjuk, pelatih timnas U-23 akan langsung membuat program kepelatihan setidaknya selama satu tahun ke depan. 

Target utama ‘Garuda Muda’ ialah tampil baik di Asian Games, 18 September-4 Oktober 2014 mendatang, di Incheon, Korea Selatan.

“Kita sudah melobi komite organisasi Asian Games 2014. Mereka bilang silakan sepak bola Indonesia mendaftar. Tapi, keputusan di Menpora,” kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia Rita Subowo.

Masalah lainnya ialah ketidaksanggupan PSSI untuk menyetor nama-nama pemain sebelum 24 Januari ini.

Pasalnya, penunjukan pelatih saja baru pada 25 Januari, dan program plus pemilihan skuat baru dilakukan setelahnya. (metrotv)