Wednesday, January 8, 2014

Usai Uji Coba Timnas U-19 Tetap Kembali ke Jogja Lagi

Latihan - Tribun
Seputar Timnas - Kampus Universitas Negeri (UNY) Yogyakarta akan tetap digunakan sebagai lokasi Pelatnas tahap kedua Tim Nasional (timnas) U-19 hingga putaran final Piala Asia U-19.

Evan Dimas dkk akan tetap kembali ke UNJ untuk berlatih dan mengikuti seleksi usai menggelar uji coba di dalam dan luar negri.

"Ya hanya dijadikan pusat pelatihan. Setelah uji coba balik ke Yogyakarta. Ke Timur Tengah juga balik ke Yogyakarta," ujar Indra Sjafri usai menggelar latihan perdana di Kampus Universitas Negri Yogyakarta (UNY) Rabu (8/1/2014).

Serangkaian uji coba timnas U-19 akan digelar dalam empat tahapan yaitu Tur Nusantara, Tur Timur Tengah, Tur Eropa, dan turnamen mini. Uji coba ini akan menjadi ajang pemantapan tim dan juga seleksi pemain.

Saat ini, timnas U-19 yang berlatih di Yogyakarta berjumlah 29 orang sedangkan FIFA hanya mengijinkan setiap tim mendaftarkan 23 nama saja. Akan ada 6 nama yang akan dicoret. Tetapi belum diketahui kapan pencoretan ini akan dilakukan.

Total laga uji coba yang akan dilakoni timnas U-19 sebanyak 27 hingga 30 kali. Saat ini, timnas pun sudah mulai masuk ke tahap taktikal. Indra Sjafri ingin membangun pondasi timnas U-19 yang kuat.

"Sekarang mau bikin dinding-dinding. Ibarat membangun rumah," ungkap Indra.

Sementara itu, kondisi pemain setelah menjalani tahap pertama di Batu, Malang meningkat. Indra mengaku bangga dengan kondisi fisik pemain yang digeber dengan keras dan sangat disiplin. Hampir semua pemain daya tahannya meningkat.

Timnas U-19 memulai latihan perdana mereka di UNY pada hari Rabu (8/1/2014) pagi. Latihan lebih difokuskan ke teknik karena latihan fisik sudah dilakukan di tahap pertama pelatnas U-19 di Batu, Malang.[tribun]