Friday, January 17, 2014

Uji Coba Timnas U-19 Harus Disesuaikan Dengan Jadwal ISL

Timnas U-19 - Bolanet
Seputar Timnas - Mulai 1-28 Februari 2014, timnas U-19 akan mulai menjalani serangkaian uji coba setelah melakukan pelatnas di Batu, Malang, dan Yogyakarta.

Selain uji coba di dalam negeri, tim yang akan dipersiapkan untuk putaran final Piala AFC U-19 di Myanmar pada 5-20 Oktober 2014 itu akan menjalani tur ke Timur Tengah, Eropa, dan ambil bagian dalam miniturnamen.

PSSI dan Badan Tim Nasional (BTN) saat ini sudah mulai menggodok rencana uji coba tersebut. 

Menurut Sekjen PSSI Joko Driyono, uji coba nanti tidak boleh berbenturan dengan kompetisi Indonesia Super League (ISL) yang akan mulai bergulir pada 1 Februari.

“Kami ingin memberi tahu mitra PSSI bahwa siaran langsung ISL dan timnas U-19 tidak boleh berbenturan. Misalnya, hari ini ISL menggelar laga Persib vs Persija dan itu disiarkan secara langsung oleh mitra PSSI. Sementara itu, timnas U-19 melawan Tim PON Padang juga live di hari yang sama. Kami ingin sesuaikan jadwalnya. Hari atau jam kick off,“ kata Joko.

Untuk melawan tim luar negeri, timnas U-19 juga dijadwalkan akan bertemu dengan timnas U-20 Brasil. 

“Ada tiga uji coba di Eropa. Salah satunya melawan Tim U-20 Brasil,“ imbuh Joko yang juga CEO of PT Liga Indonesia.

Saat ini, pemain timnas U-19 masih melakukan pelatnas di Yogyakarta. Pelatih Indra Sjafri juga masih mencari tambahan pemain lagi setelah mencoret beberapa pemain.

Pada akhir bulan ini, timnas U-19 juga diagendakan melawan tim lokal di Yogyakarta untuk mematangkan taktik yang ditekankan selama latihan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). 

“Yang penting, lawannya nanti bisa memahami yang uji coba ialah timnas U-19, bukan klubnya. Sejauh ini, ketika timnas melakukan uji coba dengan klub, pemahamannya ialah klub yang dilayani,“ jelas Indra.

Pelatih asal Sumatra Barat itu menambahkan, dalam tur Nusantara tersebut, ia juga sedang mencari pemain tambahan. 

“Siapa tahu masih ada yang bagus. Kami nanti juga akan sampai ke Jayapura,“ kata dia.

Indra mengatakan, selain Jayapura, enam titik lainnya masih dicari PSSI. 

“Nantinya, akan dilihat secara organisasi dan sumber daya manusia.
Sumber pemain yang banyak itu di mana. PSSI yang mencari.“ (Metrotv)