Tuesday, January 21, 2014

Timnas U-23 Bakal Dikirim ke Asian Games 2014, Apa Target PSSI?

Kurnia Meiga kapten Timnas U-23 - IST
Seputar Timnas - Meski terancam tidak mendapat dukungan dana dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI), PSSI memastikan akan tetap mengirim Timnas U-23 ke Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, 19 September-4 Oktober nanti. PSSI bahkan menargetkan lolos dari babak penyisihan grup. 

Sekjen PSSI, Joko Driyono, beralasan di Asian Games, Indonesia sudah lama tidak memiliki wakil untuk cabang olahraga sepakbola. Saat ini, PSSI memilih fokus memenuhi kebutuhan tim.

"Sudah dipastikan Timnas U-23 akan berlaga di Asian Games 2014. Kami sudah mendapatkan izin dan pengakuan dari KOI," kata Joko di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin 20 Januari 2013. 

Polemik seputar keberangkatan timnas Indonesia ke Asian Games 2014 mencuat seiring minimnya dana yang dialokasikan pemerintah bagi kontingen Indonesia. 

KOI yang menjadi penanggung jawab hanya memberangkatkan cabang-cabang olahraga yang berpotensi meraih medali saja. Meski demikian, KOI tetap bersedia memfasilitasi bila PSSI memang berniat untuk mengirimkan wakilnya ke ajang multievent 4 tahunan tersebut. 

Joko menambahkan, pihaknya akan membicarakan lebih jauh mengenai rencana ini di Kongres Tahunan PSSI di Surabaya, 25 Januari 2014 mendatang. Dalam rapat tersebut akan dibahas mengenai pembiayaan dan komposisi pelatih serta pemain yang menghuni timnas proyeksi Asian Games.  

"Sudah tidak ada masalah dengan KOI, jadi saat ini tugas kami adalah mempersiapkan seluruh kebutuhan timnya," sambung pria yang juga menjabat sebagai CEO PT Liga Indonesia tersebut. 

Indonesia memang sudah lama tidak mengirimkan wakil untuk berlaga di Asian Games. Terakhir kali, Tim Merah Putih tampil di Asian Games 2006 yang digelar di Doha, Qatar.

Saat itu, Indonesia berada di Grup B bersama Irak, Suriah dan Singapura. Sayangnya, Indonesia gagal melaju ke babak selanjutnya setelah finis di urutan terakhir klasemen babak penyisihan. 

Mengenai target tahun ini, Joko meminta semua pihak untuk berpikir realistis meski Indonesia berhasil melaju ke babak final SEA Games 2013. "Harus realistis, paling tidak Timnas U-23 bisa lolos dari fase grup di Asian Games. Di ajang SEA Games, mereka mampu mencapai partai final. Tapi, saat itu Timnas U-23 juga mengalami kesulitan," ucap pria asal Ngawi itu. [viva]