Thursday, January 16, 2014

Timnas U-19 Cari "Lawan" Asal Yogyakarta

Timnas U-19 - KOMPAS
Seputar Timnas - Sebelum menjalani tur ke beberapa provinsi di tanah air, Timnas U-19 akan menjajal kekuatan tim-tim lokal Yogyakarta. Pelatih Garuda Jaya, Indra Sjafri mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih memilah-milah tim mana saja yang cocok menjadi lawan pasukannya. 

"Timnas senior atau senior tidak masalah, yang penting pelatih dapat kontrol permainan dan mainnya juga harus dikontrol," kata Indra kepada wartawan di Yogyakarta siang tadi, Rabu, 15 Januari 2014.  

Di Yogyakarta, saat ini terdapat tiga tim senior, yakni Persiba Bantul yang akan bermain di Liga Super Indonesia (ISL) serta PSIM dan PSS Sleman yang menghuni Divisi Utama. Meski demikian, Indra tidak ingin terburu-buru menentukan pilihan karena punya beragam pertimbangan. 

Menurut Indra, dari pengalaman uji coba sebelumnya, Timnas U-19 kerap kesulitan untuk mengembangkan permainannya. Sebab pada pertandingan tersebut, justru Evan Dimas dan kawan-kawan lah yang bertindak sebagai pelayan. Indra tidak ingin hal ini terulang lagi. 

"Contohnya  jika  program timnas U19 saat ini adalah ball position maka tim lawan harus mau di dikontrol agar melakukan pressing ketat. Sehingga dengan seperti itu, ujicoba dapat membantu keberhasilan program latihan timnas U19 bukan malah sebaliknya,” beber Indra.

Sejak 8 Januari 2014, Timnas U-19 memang menjalani pemusatan latihan tahap kedua di Yogyakarta. Ini merupakan bagian persiapan Garuda Jaya sebelum menghadapi Piala Asia U-19 yang akan digelar di Myanmar, Oktober mendatang. Menurut Indra, pada pekan ini, latihan yang  masih fokus kepada pematangan taktik dan ball position.  (viva)