Tuesday, January 21, 2014

Timnas Indonesia Fokus Piala AFF 2014

Djoko Driyono - IST
Seputar Timnas - Sekjen PSSI, Joko Driyono, menjelaskan, Timnas Indonesia hanya akan menjalani pelatnas pendek sebelum menjalani pertandingan terakhir kualifikasi Piala Asia 2015 melawan tuan rumah Arab Saudi, 5 Maret 2014 mendatang.

Menurut Joko Driyono, Senin (20/1/2014), sesuai dengan jadwal, pelatnas timnas senior dibawah asuhan pelatih baru Alfred Riedl akan dimulai 25 Februari.

Dikatakan Joko, karena waktu pelatnas sangat pendek kemungkinan pertandingan uji coba ditiadakan. Ini dilakukan karena beberapa pertimbangan yang salah satunya tim yang dilatih pria asal Austria itu difokuskan pada Piala AFF 2014.

Selain difokuskan pada pelatnas jangka panjang, peluang timnas senior untuk masuk putaran final Piala Asia 2015 juga sudah tertutup karena baru mengumpulkan satu poin dari lima pertandingan yang dijalani di Grup C.

"Kami sudah mempersiapkan program timnas jangka panjang untuk AFF. Kami akan fokus di sana," kata Joko.

Sementara itu, pelatih Afred Riedl telah melakukan pemantauan langsung saat klub-klub Indonesia Super League (ISL) menjalani pertandingan turnamen Inter Island Cup.

Selain memantau langsung pemain, pria yang membawa Timnas Indonesia menjadi runner up Piala AFF 2010 ini, juga menyiapkan jajaran pelatih. Widodo Cahyono Putro, Wolfgang Pikal dan Eddy Harto kembali dibutuhkan tenaganya.

Untuk menghadapi Piala AFF 2014 serta pertandingan terakhir kualifikasi Piala Asia 2015 Grup 9, Alfred Riedl akan memanggil 40 hingga 45 pemain dan selanjutnya akan menjalani pelatnas.

Target yang dibebankan kepada Alfred Riedl tahun ini lebih berat yaitu harus mampu meraih juara Piala AFF. Jika gagal, opsi kontrak tiga tahun yang dijalani bakal diputus ditengah jalan.(Antara)