Friday, January 24, 2014

TC Timnas U-23 Akan Berbarengan Dengan Timnas Senior

Skuad Sea Games 2013 - IST
Seputar Timnas  - Pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia U-23 untuk persiapan Asian Games 2014, Incheon, Korea Selatan, dijadwalkan akan berjalan bersamaan dengan timnas senior. Keputusan itu diambil karena pemain-pemain timnas U-23 rata-rata sudah bermain di kompetisi Liga Super Indonesia (ISL).

Sekretaris Jenderal PSSI, Joko Driyono, mengatakan pihaknya sampai saat ini masih melakukan sinkronisasi atau penyesuaian jadwal TC timnas U-23. Pihak PSSI sebelumnya perlu membicarakan masalah TC jelang Asian Games dengan Badan Tim Nasional (BTN) dan tim pelatih.

"Karena pemain-pemain timnas U-23 sudah memperkuat klub-klub ISL atau kompetisi di bawahnya, maka akan ada sinkronisasi atau penyesuaian. Jangan sampai, jadwal kompetisi yang padat nantinya jadi alasan jika timnas meraih hasil negatif di Asian Games," kata Joko di Jakarta, Kamis 23 Januari 2014.

"Kami perlu berbicara terlebih dahulu dengan BTN dan pelatih terpilih nanti. Kami harus tahu program pelatih. Kalau pelatih punya jadwal yang tambahan, maka akan dibicarakan agar tidak mengganggu kompetisi dan konsentrasi pemain untuk berlatih," sambung dia.

Pria yang juga menjabat sebagai CEO PT Liga Indonesia ini membeberkan rencana awal PSSI dalam menggelar TC timnas U-23. Satu-satunya jalur yang paling realistis adalah menggelar Garuda Muda akan menggelar TC berbarengan dengan timnas senior.

"Ada 7 kali kalender resmi FIFA. Di sana akan dimanfaatkan untuk menggelar uji coba dan latihan. Mungkin satu minggu, atau lebih," ujar Joko.[viva]