Monday, January 6, 2014

Sore ini, Timnas U-19 Tiba di Yogyakarta‏

Skuad Timnas U-19 - IST
Seputar Timnas - Sejumlah 29 pemain timnas Indonesia U-19 dijadwalkan menjalani pemusatan latihan (pelatnas) tahap kedua. Ini merupakan persiapan bagi skuat asuhan pelatih Indra Sjafri jelang berlaga di putaran final Piala Asia 2014 di Myanmar pada Oktober mendatang.

Pelatnas tahap kedua digelar di Yogyakarta mulai 7 Januari sampai 6 Februari mendatang. Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan menjalani pelatnas di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Pelatih timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri rencananya mulai memberikan materi spesifik untuk pematangan taktik dan strategi permainan. Nantinya, akan ada beberapa internal game yang akan menjadi evaluasi tim pelatih di tahap ini.

“Pemusatan latihan timnas U-19 tahap pertama sudah selesai. Kami berangkat ke Yogyakarta dengan kereta api. Tiba pukul 15.00 WIB,” ujar pelatih kelahiran Sumatera Barat.

Selama hampir dua bulan, para pemain telah menjalani pelatnas tahap pertama di kota Batu, Jawa Timur. Pada pelatnas tahap pertama, sesuai dengan program Timnas U-19, pelatih menitik beratkan untuk peningkatan kondisi fisik dan permainan dasar.

Tim pelatih menargetkan adanya peningkatan VO2 max dari 55 menjadi 60 atau 60 hingga 65 ml/kg/min. Dari beberapa kali tes fisik yang telah dilakukan, hasilnya volume oksigen pemain saat ini sudah mulai meningkat dikisaran 58-63 ml/kg/min.

VO2max merupakan volume maksimal oksigen yang diproses oleh tubuh manusia pada saat melakukan kegiatan yang intensif.[tribun]