Wednesday, January 22, 2014

Roy Suryo: Timnas U-23 Harus Ikut Asian Games

Roy Suryo - Detik
Seputar Timnas - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo terus memberikan sinyal positif kepada Timnas Indonesia U-23 untuk berlaga di Asian Games 2014.

Kemarin (Selasa, 21 Januari 2014), Ketua Umum Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima), Suwarno belum bisa memastikan kalau Timnas U-23 akan berlaga di Asian Games.

Satlak Prima akan melihat prestasi Garuda Muda dalam dua tahun terakhir. Satlak Prima hanya akan mengirim cabang-cabang olahraga yang diprediksi bisa mendapatkan emas di ajang empat tahunan itu.

Meski sepak bola bukan menjadi salah satu cabang olahraga yang diunggulkan, Menpora terus memberikan dorongan kepada Timnas U-23 agar tampil di Korea Selatan, bulan Oktober 2014.

Roy Suryo terus memberikan dukungan kepada PSSI yang siap menganggarkan dana sebesar 10 hingga 15 miliar Rupiah untuk pelatihan timnas dan uji coba. Meski dibiayai oleh PSSI, Timnas U-23 akan berangkat ke Korea Selatan atas nama kontingen jika direstui oleh Satlak Prima.

"Untuk Asian Games, khusus sepak bola ada pro dan kontra. Tapi saya mempersilakan PSSI untuk memberangkatkan Timnas U-23 ke Korea Selatan," ucap Roy Suryo di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (22/1/2014).

"Sepak bola itu belum jadi prioritas kami. Kalau PSSI merasa gagah dan mampu silahkan saja. Toh berapa pun pemain yang diberangkatkan pasti cuman dapat satu emas," dia melanjutkan.

Sebelumnya Satlak Prima masih menunggu entry by name para cabang-cabang olahraga yang akan tampil di Asian Games pada tanggal 24 Januari. Khusus sepak bola, kemungkinan mendapat kelonggaran karena PSSI masih mencari pelatih Timnas U-23.

"Saya tidak mau sepak bola dibilang dengan istilah anak emas. Faktanya, publik itu menaruh sepak bola di posisi yang istimewa. Kita ikuti saja. Nanti saya akan kordinasikan, pasti akan ada solusinya. Yang jelas saya memberikan lampu hijau untuk sepak bola. Itu arahan saya. Sepak bola harus berangkat," ia mengakhiri.[inilah]