Wednesday, January 22, 2014

Riedl Fokus Pemain Lokal, Peluang Andik-Van Dijk Tipis

Van Dijk  - Andik - IST
Seputar Timnas -  Tim pelatih Timnas senior yang dipimpin oleh Alfred Riedl sedang memantau performa calon pemain yang akan dipanggil ke Timnas di Inter Island Cup (IIC) 2014. Bukan hanya pemain di dalam negeri, pemain yang merumput di luar negeri pun terbuka peluangnya untuk dipanggil.

Pelatih asal Austrai itu memantau pemain untuk disiapkan untuk tandang ke Arab Saudi di ajang Pra Piala Asia 2015 pada 5 Maret mendatang.  Hanya, sejauh ini, Riedl menegaskan jika fokus utamanya untuk memantau pemain yang berkompetisi di dalam negeri terlebih dahulu.

"Saya masih memantau permainan pemain di Inter island sampai saat final di Sidoarjo nanti," katanya saat ditemui di Solo, Selasa (21/1).

Untuk pemain yang masuk dalam daftar available PPA 2015 yang sebelumnya pernah di panggil tapi bermain di luar, seperti  Andik Vermansah dan Sergio Van Dijk, itu akan dipertimbangkan. Ya, Andik saat ini bermain di Selangor FA (Malaysia), dan Van Dijk di Sepahan (Iran).

Kendati bermain di liga luar, Riedl memastikan pemain itu tak akan mudah mendapatkan kepercayaan dan garansi untuk tampil di Timnas. "Fokus kami pemain yang ada di Liga Indonesia. Andik dan Van dijk. Kalau mereka main di tim utama, peluang gabung timnas masih ada. Kalau tidak berat bagi mereka untuk bisa gabung di timnas," tegas dia.

Sementara itu, Timnas sendiri dipastikan bakal melakoni pemusatan latihan di Jakarta mulai 25 Februari mendatang. Berbarengan dengan awal ISL 2014, TImnas pun dipastikan tak memiliki waktu panjang untuk menjalani persiapan melawan Arab Saudi.

Tapi, Sekjen PSSI Joko Driyono meyebutkan sudah ada persiapan untuk mematangkan tim dengan melakoni uji coba. Hanya saja,  tentunya bukan uji coba internasional  melawan negara lain. "Melihat waktu 25 Februari sampai 5 Maret, kalau ada agenda uji coba internasional terlalu mepet," ucapnya.

Hanya, karena uji coba itu juga penting, Timnas menurut Joko tetap menjalani uji coba. Namun, dia belum tahu pasti siapa tim lokal yang akan dihadapi, apakah tim dari ISL, atau tim lainnya untuk menguji kekuatan.

"Kalau itu tunggu BTN saja untuk kepastiannya. Tapi, kemungkinannya demikian," ucap lelaki asal Ngawi itu. (jawapos)