Tuesday, January 28, 2014

Rektor: Pemain Timnas U-19 Bisa Kuliah di UNY Tanpa Tes

Skuad Timnas - IST
Seputar Timnas - Pemain Timnas Indonesia U-19 bisa langsung kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tanpa harus melalui tes tertulis. Tak hanya itu, Evan Dimas dan kawan-kawan juga bebas memilih jurusan sesuai minat masing-masing.

"Mereka adalah pejuang-pejuang bangsa yang harus mendapat penghargaaan. Bentuk penghargaan yang kami lakukan membebaskan masuk kuliah di UNY tanpa tes ke semua program studi," kata Rohmat Wahab, Rektor UNY, usai menyaksikan latihan Timnas U-19 di Stadion UNY, Senin (27/1/2014).

UNY, tambahnya, konsen mencari calon mahasiswa dengan bakat yang sudah terbukti prestasinya. Pemain Timnas U-19 dinilai memiliki bakat olahraga yang cukup membanggakan Indonesia.

Mengenai biaya kuliah, Rohmat baru akan berkoordinasi dengan PSSI. Pasalnya, PSSI yang selama ini membiayai Timnas U-19 di Yogyakarta.

"Soal biaya, sepanjang anak itu mampu, mereka dibiayai orangtuanya. Jika tidak, UNY tetap pemprioritaskan dengan mencarikan sumbangan atau beasiswa supaya gratis," ucap Rohmat.

Sedikitnya masih ada 14 pemain timnas yang belum tamat sekolah tingkat SMA, selebihnya sudah masuk kuliah di berbagai kampus. UNY tetap membuka peluang bagi pemain timnas yang ingin masuk di UNY. "Kita terbuka, kalau mau masuk di sini kita terima dengan baik tentunya," ujar Rohmat.

Salah satu pemain timnas,Yabes M menyambut baik tawaran tersebut. Yabes yang kini duduk di bangku kelas 3 SMA sebelumnya pernah dapat beasiswa di daerahnya saat masih di SMP. "Tentu senang mendapatkan tawaran itu, saya sangat bersyukur," tuturnya.

Sementara itu, Ketua PSSI Djohar Arifin Husin mengatakan, beasiswa ini adalah hal yang luar biasa. Ia menginginkan masa lalu pemain yang meninggalkan pendidikan tak terjadi lagi pada juniornya. Ia menginginkan agar pemain bola saat ini harus dibekali pendidikan bahkan hingga tingkat kuliah.

"Sebenarnya saya ingin ketemu dengan rektor tapi, ternyata dia menyempatkan ketemu saya di sini dan memberikan hadiah ini. Saya terharu dan masih gemeteran akan dapat hal ini," tutur Djohar yang juga hadir di Stadion UNY.(liputan6)