Tuesday, January 7, 2014

PSSI Kembali Kena Sanksi AFC Akibat Ulah Suporter

Djoko Driyono -  IST
Seputar Timnas - PSSI kembali harus menanggung sanksi dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akibat ulah supporter yang masih saja membandel.

Kali ini AFC menjatuhkan sanksi denda sebesar 5.000 dolar AS atau setara Rp60 juta menyusul aksi bakar mercon supporter saat pertandingan Indonesia vs Korea Selatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dalam babak kualifikasi Piala AFC U-19, 12 Oktober lalu.

“Sebenarnya kami sudah lama menerima surat itu. AFC menanyakan perihal kejadian itu. Lalu, kami menjelaskan dengan mengirimkan surat kembali dan mereka menyatakan bahwa kami harus mendapatkan sanksi itu," ujar Joko, Senin (6 /12/2014).

Sebelumnya, PSSI sempat menyampaikan surat kepada AFC terkait kampanye yang telah dilakukan induk sepak bola Indonesia untuk mencegah pembakaran flare dan mercon dalam pertandingan sepak bola.

Dengan sanksi yang dijatuhkan, PSSI semakin terpacu untuk terus berusaha mensosialisasikan bahaya kembang api dan mercon. Salah satunya dengan memasang spanduk bertuliskan No Flare, No Banned, No Fireworks.

Lebih jauh, Joko berharap adanya kerja sama yang baik antara supporter untuk menghindari sanksi yang lebib berat lagi. "Kami berharap suporter juga mengerti dan bisa lebih dewasa untuk tidak mengulangi aksi-aksinya itu. Karena sanksinya bisa akan lebih berat. Tapi yang jelas PSSI tidak akan berhenti mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat dan suporter," ia menambahkan.

Bukan sekali ini saja PSSI harus menanggung sanksi atas ulah supporter. Sepanjang pertengahan 2012 hingga akhir 2013, PSSI harus merogoh kocek hingga 45 ribu dolar AS serta melakoni laga kualifikasi Piala Asia 2015 tanpa penonton. Semoga penonton Indonesia semakin dewasa.[inilah]