Sunday, January 26, 2014

PSSI Hanya Targetkan Timnas Indonesia Peringkat 130 Dunia

Djoko Driyono - IST
Seputar Timnas - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menggelar kongres tahunan di Hotel Shangri-La, Surabaya, Minggu (26/1/2014). Salah satu poin pembahasan yang menarik adalah mengenai Tim Nasional Indonesia.

Sekjen PSSI Joko Driyono mengatakan, pengurus PSSI menargetkan meraih peringkat 130 dunia. Selain itu, Timnas U-19 ditargetkan lolos ke Piala Dunia U-20 di Selandia Baru pada 2015, dan Timnas U-23 dicanangkan lolos ke babak 8 besar Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan.

“Kita punya lima tim nasional, yaitu senior, U-23, U-19, U-16, U-14. Timnas senior targetnya juara Piala AFF 2014. Asian Games bila jadi berangkat, kami ingin lolos ke babak 8 besar, Timnas U-19 lolos ke Piala Dunia U-20 di New Zealand,” tutur Joko dalam keterangan pers yang diterima wartawan.

“Serta, di akhir kepengurusan rangking peringkat FIFA di bawah 130 dunia, dan membangun infrastruktur timnas berkaitan dengan bantuan dari FIFA yang namanya FIFA goal project," ungkapnya.

Joko menjelaskan, dalam kongres PSSI 2014 dibahas mengenai strategic plan atau rencana kerja selama satu tahun ke depan. Ada lima elemen penting yang akan ditekankan dalam rencana kerja.

"Pengembangan sepak bola baik teknis maupun manajemen, tim nasional, pengembangan anggota. Apalagi, anggota tidak hanya klub, masih ada  asosiasi seperti asosiasi provinsi, kompetisi profesional, dan liga amatir. Seluruh program ini sudah disetujui anggota," paparnya.

“Satu tahun ke depan kami sebut strategic plan, yakni sebuah dokumen hidup yang tiap tahunnya kami update. Apalagi jelang 2015, PSSI menyongsong masa kepengurusannya berakhir,” urainya.

Seluruh keputusan terkait pemilihan ketua umum, wakil ketua, dan anggota Exco 2015, lanjutnya, juga telah di-paripurna-kan. Perangkat seperti Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan, telah disetujui anggota seperti mekanisme PSSI, yakni elektoral code.

"Jadi, tidak ada kekhawatiran siapapun terhadap ujung dari kepengurusan PSSI," ucap pria yang juga menjabat CEO PT LIGA Indonesia.

Kongres dibuka Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dihadiri 86 pemilik hak suara yang tercatat selama kongres. PSSI menetapkan anggotanya berjumlah 777 anggota, setelah sebelumnya tidak diketahui.

"Administrasi hari ini tuntas. Saya berharap jadi batu pijakan selamanya. Kami juga berharap seluruh anggota PSSI, baik di pusat maupun  daerah, harus punya visi yang sama untuk meningkatkan kualitas permainan. Apalagi, dalam pengembangan sepak bola ada aspek wasit, futsal, sepak bola wanita, usia muda, manajemen, serta tata kelola," paparnya. (tribun)