Wednesday, January 22, 2014

Pelatih : Kemampuan Para Pemain Timnas U-19 Mulai Merata

Timnas U-19 - GOAL
Seputar Timnas  - Timnas Indonesia U-19 sudah menjalani masa pemusatan latihan (TC) selama 3 bulan lebih. Di masa itu, tim pelatih menilai perkembangan para pemain sangat memuaskan. Bahkan, mereka menilai, kualitas pemain yang ada di Timnas U-19 saat ini sudah mulai merata.

Saat ini, TC yang dijalani pasukan Indra Sjafri sudah memasuki tahapan 2 dalam persiapan jelang Piala Asia 2014, Myanmar. Di kalangan tim pelatih, fase ini dikenal sebagai fase spesifik.

Pada tahapan ini, para pemain digembleng dengan menu latihan yang bertumpu pada taktik dan strategi permainan. Sebelumnya, pada TC tahap 1 yang digelar di Batu, Timnas U-19 mendapatkan latihan untuk peningkatan fisik.

Hasil yang didapatkan di Batu, ternyata cukup membantu perkembangan kemampuan pemain di TC tahap 2 ini. Para pemain pelapis dinilai mampu bersaing dengan muka-muka lama di Timnas U-19.

Contohnya adalah di lini tengah. Dari hasil yang didapat pada TC tahap 1, Evan Dimas, Zulfiandi dan Muhammad Hargianto, masih menjadi pemain dengan kondisi fisik paling prima. Namun, dikatakan oleh asisten pelatih Timnas U-19, Eko Purdjianto, para pemain pelapis di lini tengah, sudah mulai mampu mengimbangi kualitas mereka.

"Tim sudah mulai merata kemampuannya. Memang, selama ini pemain-pemain lama masih mendominasi. Kami terus mencoba untuk membuat kemampuan setiap pemain di masing-masing lini menjadi rata," kata Eko , Selasa 21 Januari 2014.

Jika kondisi itu bisa tercapai (meratanya kemampuan pemain di setiap lini), diakui  Eko, akan menjadi keuntungan tersendiri bagi tim. "Jika nantinya ada yang cedera atau terkendala masalah lain, kami tidak akan pusing mencari pemain pengganti untuk mengisi pos yang kosong," ujarnya. [viva]