Saturday, January 4, 2014

Pekan Depan, BTN Bahas Pelatih Timnas U-23

Skuad Timnas U-23 - IST
Seputar Timnas - Sekretaris Jenderal PSSI, Joko Driyono, menegaskan pemilihan pelatih Timnas Indonesia U-23 baru dibahas Badan Tim Nasional (BTN), pekan depan. Nantinya pelatih Timnas U-23 juga akan menangani Timnas U-22.

Timnas U-23 saat ini belum memiliki pelatih sejak ditangani Rahmad Darmawan di SEA Games 2013. Sedangkan Tim Garuda Muda akan dihadapkan pada sejumlah agenda internasional di 2014. Salah satunya adalah Asian Games 2014 yang akan berlangsung di Incheon, Korea Selatan.

PSSI berencana untuk mengirimkan Timnas U-23 kembali berlaga di turnamen multievent terbesar di Asia tersebut. Selain itu, mereka juga akan dipersiapkan untuk menghadapi kualifikasi Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil.

"Untuk penentuan pelatih Timnas U-23, sampai saat ini belum ada perkembangan. BTN baru beraktivitas pekan depan. Kemungkinan mereka baru merumuskan masalah pelatih Timnas U-23, pekan depan," ujar Joko ketika ditemui di Kantor PSSI, Jumat 2 Desember 2013.

"Selain Asian Games, akan ada kualifikasi Olimpiade 2016. Untuk program AFC, kualifikasi akan diikuti oleh Timnas U-22. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, pelatih Timnas U-22 dan U-23 adalah satu," sambungnya.

Terakhir Timnas U-23 dibesut oleh Rahmad Darmawan pada ajang SEA Games 2013. Pelatih yang akrab disapa RD itu kemudian memutuskan untuk fokus menangani Persebaya Surabaya di kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) musim depan.

Sesuai hasil Rapat Kerja PSSI 2013 lalu, seorang pelatih Timnas tidak diperbolehkan merangkap jabatan sebagai nakhoda klub. Saat ini, ada dua nama kandidat pelatih untuk menangani Timnas U-23. Mereka adalah Nil Maizar dan Aji Santoso. (viva)