Sunday, January 19, 2014

Masuk Program Uji Coba, Timnas U-19 Ditambah Masa "Recovery"

Timnas saat berendam di bak es - IST
Seputar Timnas - Pekan depan Timnas U-19 akan melakoni partai uji coba dengan tim-tim lokal. Di uji coba pertamanya, timnas direncanakan akan melawan tim sepak bola Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada Sabtu (25/01/2014). 

Meski bukan bertajuk uji coba resmi, tetapi pertandingan ini dipandang penting guna melihat pemahaman pemain mengenai taktikal, strategi dan ball-possession. 

"Minggu depan sudah bukan internal game. Kami masuk ke uji coba namun tidak resmi," terang Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri, Jumat (17/01/2014) petang. 

Indra mengungkapkan, laga uji coba pertama akan digelar pada Sabtu (25/01). Lawan uji coba rencananya tim sepak bola UNY. Selain dekat dengan stadion dan komunikasinya mudah, juga karena selama ini timnas memaki lapangan milik UNY. 

"Kami sudah pakai fasilitas milik UNY, jadi tidak salah jika ajak beruji coba," ucapnya. 

Terkait tim-tim lokal DIY lainya selain UNY, Indra menegaskan belum dapat dipastikan. Namun selama bulan Februari dalam setiap minggunya diprogramkan timnas akan melakukan uji coba.

"Seminggu bisa 2-3 kali pertandingan, kami lihat nanti kondisinya," tandasnya. 

Memasuki program uji coba, lanjutnya, recovery waktu akan ditambah. Selain untuk pemulihan kondisi stamina, recovery juga merupakan bagian dari sebuah latihan dan pertandingan, bukan hanya sebatas istirahat. 

"Latihan dua hari pagi-sore lalu istirahat, itu siklus dalam masa pertandingan uji coba. Selain itu kami juga mengistirahatkan lapangan," pungkasnya.[Kompas]