Thursday, January 2, 2014

Malam Jum'at Timnas U-19 Rutin Gelar Pengajian

Evan Dimas - IST
Seputar Timnas - Setiap Kamis malam, timnas Indonesia U-19 rutin menggelar pengajian dan ceramah agama di Hotel Agrowisata, Batu, Malang, Jawa Timur, atau lokasi mereka menginap selama pelatnas.

Pelatih timnas U-19 Indra Sjafri menyebut cara itu bagian mempersiapkan pesepak bola profesional yang jadi panutan.

"Kegiatan itu sudah berlangsung sejak dua pekan lalu. Setiap Kamis malam ada ceramah agama dan yasinan. Kenapa? karena di tim ini juga membentuk pribadi mereka sebagai manusia. Cara ini adalah persiapan untuk menjadikan mereka pesepak bola profesional yang jadi panutan," tegas Indra , Rabu (1/1).

Menurut Indra, kebutuhan rohani harus berjalan seimbang dengan penggemblengan kemampuan individu pemain sebagai pesepak bola. Jika ada pemain yang punya kemampuan istimewa tetapi akhlaknya buruk, ia menilai sulit bagi pemain tersebut untuk berkembang lebih jauh.

Selain itu, pengajian dan ceramah agama digelar agar pemain tidak mengalami kejenuhan dengan rutinitas yang sama. Indra mewajibkan seluruh pemain muslim untuk menghadiri acara tersebut. 

Di timnas U-19, ada pemain pemain non muslim yaitu Maldini Pali, Paulo Oktavianus, Yabes Roni, dan Putu Gede. [Dunia Soccer]