Thursday, January 16, 2014

KOI Setuju Kirim Timnas U-23 ke Asian Games

Rita Subowo - IST
Seputar Timnas - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Rita Subowo sudah memberikan lampu hijau merestui Timnas Indonesia U-23 ke ajang Asian Games 2014 di Korea Selatan. KOI tinggal meminta persetujuan dari pihak pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Sebelumnya, Timnas U-23 diragukan akan turun di ajang Asian Games. Penyebabnya, pihak Kemenpora belum mempunyai anggaran untuk mendanai skuad Garuda Muda di ajang empat tahunan tersebut.

PSSI yang memaklumi minimnya dana pemerintah puh mengambil inisiatif. Asosiasi yang diketuai oleh Djohar Arifin Husin itu siap menyediakan dana sebesar 10 hingga 15 miliar Rupiah untuk memberangkatkan Timnas U-23 ke Korea Selatan.

"Kami (KOI) memfasilitasi. Kami juga sudah meminta masukan ke Pak Johar dan Pak Joko Driyono (Sekretaris Jenderal PSSI) apa yang harus kami fasilitasi. Sekarang tinggal bagaimana pemerintah (Kemenpora) menanggapi hal itu," kata Rita di Kantor Kemenpora, Rabu (15/1/2014).

"Kalau pendanaan bisa dilakukan dan bisa membuat prestasi oleh PSSI, maka kami sebagai NOC (National Olimpiade Committee) berpikir positif supaya mereka mempunyai ajang kompetisi yang lebih baik lagi," dia melanjutkan.

Rita pun menjelaskan kalu dirinya akan terbang ke Korea Selatan pada Kamis (16/1/2014) untuk mencari tahu aturan mengenai keikutsertaan Timnas U-23 kepada pihak penyelenggara Asian Games.

"Besok kami akan berangkat ke yang punya hajatan Asian Games. Nanti saya akan tanyakan kepada mereka seperti apa sistemnya, babak kualifikasi dan kuota peserta. Ada 38 cabang olahraga yang dipertandingkan, pasti sepak bola ada kuotanya," dia menegaskan.[inilah]