Friday, January 17, 2014

Kembali Ikuti Ajang Asian Games, Langkah Bagus Untuk Timnas U-23

Aji Santoso - IST
Seputar Timnas - Tim nasional Indonesia U-23 tidak lagi hanya tampil di ajang dua tahunan level Asia Tenggara SEA Games, itu setelah PSSI dan Badan Tim Nasional (BTN) mengkonfirmasi bahwa akan mengirimkan tim Garuda Muda ke ajang Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan.

Namun, meskipun ajang tersebut sudah dibidik oleh PSSI dan BTN, timnas U-23 masih belum miliki pelatih, dan masih merahasiakan dua calon kuat untuk menukangi kursi kepelatihan yang ditinggalkan Rahmad Darmawan tersebut.

Meski begitu, dua nama yang paling kuat untuk menduduki kursi tersebut, yakni Nil Maizar dan Aji Santoso, menyambut gembira dengan kembalinya timnas U-23 ke ajang Asian Games 2014.

"Sebuah langkah yang positif, artinya kita juga punya kesempatan untuk bisa menghadapi lawan dengan level lebih tinggi di Asia," ungkap Aji Santoso 

Untuk Nil sendiri yang pernah melatih timnas Indonesia senior, melontarkan hal yang kurang lebih sama dengan Aji, dan menilai semua tergantung pada kondisi kesiapan timnas sendiri agar bisa maksimalkan ajang tersebut.

"Bila tampil lagi di Asian Games artinya kita bisa bermain di level yang lebih luas, berjumpa dengan lawan-lawan yang lebih kuat seperti Irak, Jepang, Cina. Sekarang tergantung bagaimana kondisi kitanya," papar Nil.

Pada Asian Games 2014 nanti, timnas U-23 ditargetkan bisa lolos dari fase grup. Dimana pada kesempatan Asian Games 2006 di Doha, Qatar, Indonesia berada di peringkat buncit grup B di bawah Irak, Suriah, dan Singapura.[goal]