Friday, January 10, 2014

Inilah Program Latihan Timnas U-19 dalam Pelatnas Tahap Dua

Timnas U-19 - Tribun
Seputar Timnas - Tim nasional U-19 meneruskan program jangka panjang mereka dengan menggelar TC di Yogyakarta. Ada tiga aspek yang menjadi fokus tim pelatih yang dipimpin Indra Sjafrie selama pelatnas tahap kedua ini.

Setelah menggelar program general preperation di Batu, Malang, sejak November 2013 lalu. Setelah menjalani liburan akhir tahun, Timnas U-19 kembali berlatih pada hari Kamis, 9 Januari 2014, di Lapangan Sepakbola Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Kepala pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, mengatakan pelatihan tahap ke dua di Yogyakarta akan lebih difokuskan pada pemahaman pemain atas taktik yang disiapkan dan perbaikan skill pemain, atau disebut dengan istilah specific preperation.

“Untuk stamina para pemain sudah jauh diatas target namun hal tersebut
harus tetap dipertahankan oleh setiap pemain,” katanya saat ditemui sesuai memimpin latihan.

Untuk peningkatan stamina, kecepatan dan taktikal kata Indra dibutuhkan waktu yang cukup panjang, sehingga perlu persiapan matang agar target yang diinginkan dapat tercapai. “Pelatihan tahap pertama di Batu kemudian tahap kedua di Yogya dalam rangkaian mencapai target itu,” tuturnya.

Setelah latihan tahap kedua ini selesai, timnas U19 rencananya akan melakukan 27 laga uji coba yang dibagi dalam tiga tahap, yaitu tur Nusantara, Timur Tengah, Eropa dan Mini Turnamen yang disiapkan AFF jelang Piala Asia U-19.

“Tur nusantara, ada tujuh titik. Setiap titik minimal ada dua pertandingan atau tiga pertandingan. Setiap selesai tur kita akan kembali ke Yogya,” imbuh Indra menjelaskan.

Saat ini, Timnas U-19 dalam persiapan jelang tampil di Piala Asia U-19 2014 dengan target semifinal. Pengisi peringkat empat besar dapat tiket lolos ke PIala Dunia U-20 di Selandia Baru 2015. [viva]