Sunday, January 12, 2014

Indonesia Harus Coba Tampil Di Piala Dunia U-17

Evan Dimas Ikon Timnas U-19 - VIVA
Seputar Timnas - Indonesia memang belum bisa menjadi peserta Piala Dunia hingga saat ini, secara kualitas bila menengok tim nasional senior, rasanya berat untuk dapat tampil di ajang akbar sepakbola dunia tersebut.

Namun, sejak muncul tim nasional Indonesia U-19 dengan segala prestasi yang mereka tunjukan, masyarakat mulai merajut mimpi terhadap pasukan Evan Dimas dkk. yang di pimpin oleh pelatih Indra Sjafri.

Hal tersebut pun mendapat perhatian dari insan sepakbola asal Amerika yang memberi kontribusi terhadap kemajuan sepakbola Jepang, Tom Byer. Tom sebagaimana diketahui, adalah sosok pelatih yang mengajarkan berbagai teknik dari mulai dasar, kepada anak-anak usia cilik, bahkan dimulai dari usia tiga tahun.

Kepada Goal Indonesia, Tom berujar bahwa prestasi timnas U-19 seharusnya menjadi pelecut untuk level tim nasional usia dini lainnya di Indonesia.

"Saya berada di Jakarta saat mereka (timnas U-19) mengalahkan Korea Selatan di tengah hujan yang turun. Mereka luar biasa," jelas Tom.

"Namun ini menunjukan, intinya adalah, anda bisa berkompetisi dengan tim yang lebih muda (seperti U-17, U-19), fokus pada anak-anak, fokus dalam mebina usia muda. Ini akan lebih realistis jika Indonesia berkompetisi pada Piala Dunia U-17 yang dilaksanakan dua tahun sekali," Tom membua.

"Karena hanya ada beberapa tim dari Asia yang memiliki U-17 untuk berkompetisi di Piala dunia tahun lalu (2013), Jepang, Uzbekistan, Irak dan Iran.  Ini artinya, kesempatan untuk tampil di Piala Dunia U-17 akan lebih mudah, jika Indonesia mulai fokus kepada pembinaan sepakbola anak-anak kecil, mereka (Indonesia) saya rasa bisa reguler tampil di Piala Dunia U-17 setiap dua tahun," jelasnya.

Ya, Indonesia memang saat ini harus membuka mata soal bagaimana tim sepakbola atau tim nasional sudah seharusnya berjenjang. Timnas U-19 yang segar dan berprestasi bagaikan oase di tengah kehausan akan tim nasional senior yang masih 'kering' gelar, juga membuka mata orang-orang bahwa prestasi lahir dari proses panjang.

Ketika ditanya sosok Indra Sjafri dan kapten tim Garuda Jaya, Evan Dimas, Tom pun mengaku terkesan dengan mereka. "Saya mengenal Indra Sjafri, meski tidak secara pribadi. Namun kami pernah berkomunikasi, dan saya menghubunginya ketika Indonesia menang atas Korea. Bob Hippy yang memperkenalkan dia (Indra Sjafri) kepada saya, Bob lah yang merekrut Indra, jadi kami terhubung."

"Evan Dimas, pemain yang bagus," kata Tom. Saat ini, Indra Sjafri beserta anak asuhnya sedang dalam perjalanan mewujudkan mimpi tampil di Piala Dunia U-20 di Selandia Baru, untuk wujudkan itu minimal mereka harus bisa masuk semi-final Piala Asia U-19 Oktober mendatang di Myanmar.[goal]