Monday, January 27, 2014

Gizi Pemain Timnas Sudah Salah Sejak Lahir

Bondan "Mak Nyuss" Winarno - IST
Seputar Timnas - Selama ini masalah klasik yang dihadapi para pemain timnas Indonesia dari level dari senior hingga junior adalah stamina dan fisik. Para pemain sepertinya kelelahan jika bermain selama 90 menit dalam beberapa pertandingan. Menurut Bondan Haryo Winarno masalah fisik dialami para pemain adalah gizi yang masih kurang terjaga.

Dia mengatakan masalah gizi para timnas sudah salah sejak dalam kandungan ibu. Pasalnya, mereka selalu lupa memperhatikan gizi anak mereka.

"Masalah gizi para pemain timnas sekarang sudah salah sejak dalam kandungan ibu. Pasalnya para ibu hamil selalu lupa memperhatikan gizi dari anak yang ada dalam kandungannya," ujar Bondan saat memperingati Hari Gizi Nasional, Sabtu (25/1/2014).

"Kalau masalah gizi diperbaiki dari sekarang tentu terlambat karena hanya memperbaiki sebagian fisik dari pemain saja tidak seluruhnya. Belum lagi pengaturan gizi harus sangat diperhatikan karena hal itu mempengaruhi stamina pemain," tambah pria yang akrab dengan jargon "Mak Nyos" itu.

Menurut, pakar kuliner tersebut menyarankan PSSI untuk lebih serius memperhatikan gizi para pemain agar stamina dan fisik pemain lebih terjaga.

"Saya menyarankan jika PSSI ingin serius membentuk fisik dari para pemain muda harus diberikan pengarahan sejak dini agar daya tahan tubuh dan gizi mereka dapat dijaga," tutup calon legislatif dari Partai Gerindra itu dapil DKI Jakarta II. (liputan6)