Thursday, January 30, 2014

Garuda Jaya Start dari Yogyakarta

Latihan - GOAL
Seputar Timnas - Pemusatan latihan timnas Indonesia U-19 mulai bersiap melangkah ke periodesasi uji coba, awal Februari besok. Seperti yang diprogramkan sejak awal, sederet pertandingan uji coba bertajuk Tur Nusantara sudah disiapkan Badan Tim Nasional (BTN) bersama pelatih timnas U-19, Indra Sjafri.

Sampai saat ini, kedua belah pihak belum bersedia merilis rangkaian jadwal uji cobanya. Hanya, dari beberapa sumber, disebutkan bahwa untuk pertandingan uji coba bagi Garuda Jaya nantinya bakal dimulai dari Jogjakarta, kota yang juga menjadi tempat pelatnas Evan Dimas Darmono dkk selama ini.

Selain sumber dari otorita sepakbola di provinsi DIJ, pun demikian dengan data dari salah satu stasiun televisi yang menjadi mitra BTN untuk menyiarkan pertandingan timnas U-19. Dilihat dari jadwal siaran langsungnya, pada 3 Januari nantinya timnas U-19 meladeni klub dari Divisi Utama, PSS Sleman.

Selain dijadwalkan menghadapi PSS, timnas U-19 juga bakal menjajal dua klub kelompok usia dari Jogjakarta. Kabarnya, selepas menghadapi PSS, timnas juga beruji coba menghadapi skuad Persiba Bantul U-21 (5 Januari) dan tim Prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) DIJ (8 Januari).

Sejauh ini, baik BTN ataupun Indra memang masih belum membenarkannya hingga jadwal resmi dirilis. Rencananya, jadwal baru akan dirilis per 1 Februari besok. Pun demikian dengan asisten pelatih timnas U-19 Eko Purjianto. Dia juga tidak bersedia membeberkan road map yang akan dijalani timnas U-19 proyeksi persiapan Piala AFC U-20.

Hanya, dia membenarkan jika untuk pertandingan uji coba nantinya tidak ada yang dimainkan pada sore hari. Melainkan pada malam hari.

"Itu sudah sesuai dengan setting-an kami, bahwa di saat uji coba akan kami buat seperti pada kejuaraan sesungguhnya di Myanmar. Nanti kan kami mungkin akan banyak main malam di sana," ujarnya, kemarin (29/1).

Selain program dari tim pelatih, pertandingan di malam hari juga berhubungan dengan tayangan langsung televisi. Pasalnya, rata-rata jadwal tayangan langsungnya nanti berada pada prime time, alias jam utama, mulai pukul 18.00 hingga 21.00 WIB.

"Kalau itu sudah kesepakatan dengan stasiun televisinya," imbuh mantan pemain PSIS Semarang tersebut.

Sementara itu, pihak BTN belum juga membenarkan terkait jadwal pertandingan uji coba itu. Tapi, sebelumnya, Sekretaris BTN Sefdin Syaifudin mengungkapkan kalau untuk pekan awal sesi uji coba timnas U-19 memang masih belum beranjak dari Jogjakarta.

Setelah itu, baru mulai melangkah ke daerah lainnya. "Pekan kedua ke Jateng, pekan ketiga di Surabaya dan Malang, dan Maret mungkin akan ke Kalimantan," tandasnya beberapa waktu yang lalu. (JAWAPOS)