Wednesday, January 29, 2014

Dua Bulan Penuh,Skuad Timnas U-19 Akan Keliling Indonesia

Timnas U-19 - KOMPAS
Seputar Timnas - Badan Tim Nasional (BTN) bersama tim pelatih Timnas U-19, telah menyusun jadwal pertandingan uji coba bagi skuat Garuda Jaya, jelang berlaga di Piala Asia.

Sekretaris BTN Sefdin Syaifudin mengatakan, pada periode Februari-Maret 2014, skuat asuhan pelatih Indra Sjafri akan menjalani tur keliling Indonesia (Tur Nusantara).

Evan Dimas Dharmono dan kawan-kawan memulai perjalanan dari Yogyakarta. Kota Pendidikan merupakan base camp Timnas U-19 selama menjalani pemusatan latihan tahap kedua.

"Pada pekan pertama Februari, Timnas U-19 masih berada di Yogyakarta. Kemudian, pada pekan kedua berangkat ke Jawa Tengah, berikutnya ke Surabaya. Pada minggu ketiga, tim berada di Malang. Pada Maret 2014, Timnas U-19 mengunjungi Kalimantan," ungkap Sefdin dalam pesan singkat kepada wartawan, Selasa (28/1/2014).

Namun, Sefdin mengaku belum bisa memberitahukan tim-tim mana saja yang akan dihadapi skuat Garuda Jaya. Pengumuman jadwal resmi uji coba Timnas Indonesia U-19 akan diumumkan pada awal Februari.

"Jadwal resmi diumumkan pada 1 Februari 2014. Detailnya masih belum bisa diumumkan," katanya.

Tur Nusantara merupakan salah satu model pertandingan uji coba yang akan dijalani Timnas Indonesia U-19. Selain itu, ada Tur Timur Tengah, Tur Eropa, dan mini turnamen. Mini turnamen merupakan ajang simulasi jelang berlaga di turnamen sebenarnya.

"Setelah menjalani Tur Nusantara, Timnas U-19 akan menjalani uji coba di Timur Tengah pada April 2014. Kemudian, akan berpartisipasi dalam turnamen mini di Jakarta pada Mei 2014," paparnya.

Tercatat, ada 29 pemain yang menghuni skuad Garuda Jaya hingga sekarang. Mayoritas merupakan pemain jebolan Piala AFF 2013 dan kualifikasi Piala Asia 2014 di Myanmar.

Namun, ada beberapa pemain yang berstatus pendatang baru di skuat Garuda Muda. Beberapa di antaranya adalah Diky Indrayana (kiper), Ryuji Utomo Wibowo, Eriyanto, Bagas Adi Nugroho, serta Irfandy Zein Alzubeidy.

Timnas Indonesia U-19 disiapkan berlaga di Piala Asia U-19, yang akan digelar di Myanmar pada 9-23 Oktober 2014. Ada 16 negara yang berpartisipasi.

Piala Asia U-19 merupakan fase kualifikasi bagi negara-negara di Asia, supaya dapat tampil di Piala Dunia U-20. Benua Asia mendapatkan jatah empat kuota. (tribun)