Saturday, January 18, 2014

Demi Bertahan di Timnas, Skuad Timnas U-19 Sembunyikan Rasa Sakit

Skuad Timnas U-19 - Bolanet
Seputar Timnas - Agar dapat terus bermain di Timnas u-19, pemain akan melakukan yang terbaik. Pelatih Indra Sajfri selalu menjelaskan disiplin dan mental menjadi poin penting agar mereka bertahan di skuat Garuda Jaya.

Salah satu yang ditakutkan pemain adalah cedera yang menghinggapi mereka ketika berada di skuat ini. Dokter timnas selalu menghimbau agar pemain yang mengalami cedera dapat melapor. Karena, menurut dokter timnas U-19 Alfan Nur Azhar, banyak pemain yang menyembunyikan rasa sakitnya agar bisa tetap bertahan di timnas.

"Banyak pemain yang sembunyikan rasa sakit. Banyak pemain yang trauma dan syok. Karena ini kan masih masa seleksi, tidak mau tercoret. Mereka ingin tetap latihan sama teman-teman. Kita berikan himbauan kepada anak-anak jika merasa sakit maka segera melapor agar penanganannya lebih cepat," kata Alfan kepada Liputan6.com, Sabtu (18/01/2014).

Alfan juga mengatakan adanya himbauan ini juga ditaati oleh beberapa pemain. Menurutnya jika pemain timnas lekas memberikan laporan kepada dokter maka akan mempengaruhi masa penyembuhannya.

"Ada yang bilang ada beberapa yang menyembunyikan takut tercoret. Itu justru malah menyebabkan proses penyembuhan semakin lama. Kita edukasi kepada adik-adik jika cedera segera lapor setidaknya bisa istirahat 1-2 hari besok sudah bisa mulai. Kita wajibkan pemain yang cedera harus sembuh 100%," ujar Alfan.

Setiap pemain yang mengalami cedera akan melakukan krio terapi. Terapi ini dibutuhkan baik pencegahan atau pasca-cidera. Menurut Alfan, jika pemain mengikuti proses terapi dengan baik maka proses penyembuhannya juga semakin cepat. Selain krio terapi, pemain yang cedera akan mendapat porsi latihan sendiri dan obat jalan juga tetap diberikan.

"Wajib melakukan krio terapi pencegahan cedera penanganan pasca-cedera dan bisa recovery pemain secara cepat. Paling tidak jika pemain mengikuti itu dengan baik, maka proses penyembuhanya semakin cepat. Obat masih jalan. Latihan sendiri dan renang", ujar Alfan.[liputan6]