Friday, January 17, 2014

BTN Tunjuk Pelatih Lokal Untuk Timnas U-23

Djoko Driyono - IST
Seputar Timnas -  PSSI telah mengerucutkan nama pelatih yang akan menukangi timnas Indonesia U-23. Sekjen PSSI, Joko Driyono, memaparkan saat ini tinggal dua nama yang menjadi calon pelatih tim Garuda Muda.

Dan, dua pelatih itu adalah pelatih lokal bukan pelatih asing. "BTN (Badan Tim Nasional) merasa dari para nomine yang dimunculkan itu, telah mengkonfirmasi dengan target dalam durasi waktu yang ditetapkan. Pelatih asing memang sempat ada nominasinya, tapi BTN merasa yang tepat saat ini adalah pelatih lokal," kata Joko, kepada wartawan di kantor PSSI Pusat, Jakarta, Jumat (17/1) siang. 

Sayang, Joko masih enggan menyebutkan siapa dua nama nomine pelatih timnas U-23 itu. Keputusan finalnya sendiri bakal ditetapkan pada rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI di Surabaya, 25 Januari nanti.

Namun berdasarkan kabar yang beredar, dua nama yang tersisa adalah Aji Santoso dan Nil Maizar. Aji merupakan asisten pelatih timnas U-23 pada SEA Games 2013. Sedangkan Nil Maizar adalah mantan pelatih timnas Indonesia.

Seperti diberitakan sebelumnya, untuk posisi pelatih timnas U-23 masih kosong, lantaran Rahmad Darmawan memilih untuk mundur setelah membawa timnas U-23 meraih medali perak di SEA Games 2013 lalu. Rahmad saat ini menukangi Persebaya Surabaya di Indonesia Super League (ISL) 2014.

Sementara itu, agenda terdekat yang akan dihadapi timnas U-23 adalah Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, 18 September 2014-4 Oktober 2014. Pada ajang ini, timnas U-23 ditargetkan bisa lolos dari fase grup. Mengingat, pada Asian Games 2006 Doha, Qatar, pada cabang sepakbola Indonesia hanya menjadi juru kunci grup B di bawah Irak, Suriah, dan Singapura.

"Untuk masalah ini, kita harus punya percaya diri yang tinggi. Karena di tingkat regional dalam dua SEA Games terakhir kita menjadi finalis. Apalagi, untuk sepakbola ini bisa diukur kekuatan levelnya seperti apa di negara kawasan Asia lainnya," ujar Joko. [GOAL]