Tuesday, January 7, 2014

Alfred Riedl "Haramkan" Pantau Pemain Timnas Lewat Video

Alfred Rield - IST
Seputar Timnas - Tim pelatih Timnas Indonesia senior tidak akan memantau pemain lewat rekaman video. Pelatih Alfred Riedl hanya ingin melakukan perekrutan pemain melalui pemantauan langsung.

Riedl tampaknya tidak mau asal dalam pemilihan pemain. Pelatih asal Austria itu sudah berkoordinasi dengan tim pelatih Timnas untuk melakukan pemantauan di ajang Inter Island Cup (IIC) 2014 yang akan digelar 10 hingga 25 Januari 2014.

Agar hasilnya maksimal, Riedl meminta kepada para stafnya untuk menyaksikan langsung pertandingan IIC 2014. Sejauh ini, Riedl sudah mengantongi sekitar 40 nama pemain untuk mengikuti seleksi pada 25 Februari 2014 mendatang.

"Bisa saja kami memantau dan memilih pemain lewat rekaman video. Tapi, itu tidak akan maksimal hasilnya. Jadi kami akan menyebar saat ajang IIC nanti," kata asisten pelatih Timnas, Widodo Cahyono Putro, Selasa 7 Desember 2013.

"Seperti yang sudah dikatakan, hanya pemain terbaik yang bisa masuk ke Timnas. Jumlah yang sudah ditetapkan bisa saja bertambah jika ada pemain bagus di IIC nanti," sambungnya.

Pemusatan latihan Februari mendatang merupakan bagian dari persiapan Timnas menghadapi laga terakhir di Pra Piala Asia 2015 melawan Arab Saudi pada 5 Maret 2014. Meski Indonesia sudah dipastikan gagal ke putaran final, Widodo menegaskan pertandingan melawan Arab Saudi cukup penting.

"Manfaat lain dari pertandingan itu adalah bisa mendongkrak posisi Indonesia di peringkat FIFA jika mampu meraih hasil maksimal. Kami tidak akan main-main dalam mempersiapkan tim. Kami tidak akan membiarkan Timnas dipermalukan," tegas Widodo.

Riedl dijadwalkan tiba di Indonesia pada tengah pekan ini. Rencananya, mantan pelatih timnas Vietnam dan Laos itu akan menjadikan Stadion Mandala, Jayapura, sebagai tempat pertama yang dikunjunginya untuk memantau pemain. (viva)