Wednesday, January 29, 2014

Aji Santoso: Tak Ada TC Jangka Panjang untuk Timnas U-23

Aji Santoso - IST
Seputar Timnas - Terkait jadwal kompetisi Indonesian Super League (ISL), pelatih tim nasional U-23 Aji Santoso mengungkapkan tidak akan ada pemusatan latihan jangka panjang untuk timnya.

Dengan misi terdekat menyiapkan tim ke Asian Games 2014 pada akhir September, Aji mengaku sudah mulai berkomunikasi dengan Badan Tim Nasional (BTN) untuk menentukan nama-nama pemain yang akan dilibatkan di event multinasional tersebut. 

"Awal pemanggilan sendiri tanggal 25 nanti sampai 4 Maret 2014. Saya juga akan memantau pemain dari kompetisi ISL, Jadi diharapkan 28 pemain ini sudah kita dapatkan semua. Karena tanggal 4 Maretnya kita berencana uji coba dengan timnas U-23 Argentina, yang rencananya digelar di Indonesia," kata Aji, Selasa (28/1/2014). 

Soal pemusatan latihan, Aji sedikit menerapkan pola berbeda dengan SEA Games 2013, ketika dia masih menjadi asisten Rahmad Darmawan, yang menerapkan training camp jangka panjang. Kali ini, ia menerapkan TC jangka pendek.

"Konsep training camp anak-anak jangka pendek. Artinya, selepas masa jeda kompetisi kita bisa lakukan training camp. Atau nanti saat ada pemilihan umum, kita bisa gunakan itu untuk TC," katanya. 

"Ya, mau tak mau kita harus seperti itu, karena kita dalam situasi yang kompetisinya sedang berjalan. Beda dengan SEA Games kemarin, kita dalam posisi kompetisi selesai, jadi bebas untuk melakukan TC jangka panjang, sampai tiga bulan."

Ia juga tak ingin menjadikan hal tersebut sebagai kendala. Justru ia berusaha agar waktu yang sempit bisa dimanfaatkan ia dan timnya dengan baik. 

"Ya saya pikir ini jangan dijadikan persoalan. Makanya kita berusaha sebaik mungkin, agar waktu yang minimal ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Karena ini tantangan juga buat kita," katanya.[detik]