Wednesday, January 29, 2014

Aji Santoso Bidik Argentina untuk Lawan Latih Tanding Timnas U-23

Aji Santoso - IST
Seputar Timnas - Timnas Indonesia U-23 berencana menggelar laga uji coba perdana mereka pada 4 Maret 2014 mendatang. Lawan yang tengah dibidik Garuda Muda adalah Timnas Argentina U-23.

Pelatih timnas U-23, Aji Santoso, mengaku sudah berkoordinasi dengan Badan Tim Nasional (BTN) terkait program pemusatan latihan (TC) jelang Asian Games 2014, Icheon, Korea Selatan. TC baru akan digelar pada 26 Februari 2014 mendatang di Jakarta.

Aji membeberkan, akan ada sekitar 15 hingga 20 laga uji coba jelang turnamen multievent tersebut. Dan beberapa laga persahabatan di antaranya bakal diselenggarakan di luar negeri.

"Rencana akan digelar laga uji coba perdana pada 4 Maret 2014. Lawan yang dibidik adalah timnas Argentina U-23. Kalau jadi akan main di Jakarta," kata Aji ketika dihubungi para wartawan di Jakarta, Selasa 28 Januari 2014.

"Untuk uji coba, kami mengusulkan untuk menggelar sekitar 15 hingga 20 laga jelang Asian Games 2014. Jumlah itu termasuk laga uji coba di luar negeri. Kami sudah berkoordinasi dengan BTN terkait program timnas U-23," sambung dia.

Mantan pelatih Persebaya Surabaya itu menjelaskan, tim pelatih Garuda Muda akan memantau 28 pemain incaran mereka ketika kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) bergulir pada 1 Februari 2014 mendatang. Tapi, dari ke-28 pemain yang ada di dalam daftar tim pelatih, hanya beberapa saja yang merupakan alumni SEA Games 2013, Myanmar.

"Tidak sama, mungkin ada beberapa yang harus terlempar dari skuad karena sisi usia. Akan ada pemain baru yang kami munculkan nanti. Pemain di timnas U-23 nanti adalah yang terbaik," ucap Aji.

Hingga sekarang, masih belum jelas apakah timnas U-23 akan dikirimkan ke Asian Games atau tidak meski PSSI bersedia untuk mengeluarkan biaya sendiri. Pihak Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) masih akan melakukan evaluasi terkait perkembangan TC dan uji coba dalam masa persiapan.[viva]