Saturday, December 28, 2013

Timnas U-19 Agendakan Uji Coba di Eropa

Foto - Kompas
Seputar Timnas - Tahap pertama pemusatan latihan jangka panjang timnas Indonesia U-19 hampir saja usai. Saat ini, tim pelatih sudah mengagendakan beberapa laga uji coba untuk bisa dilaksanakan di tahap kedua yang akan mulai berjalan pada Februari 2014 nanti.

Rencananya, timnas U-19 akan melakukan laga uji coba di Timur Tengah dan Eropa. Namun, hingga saat ini masih belum dipastikan siapa lawan yang akan menjajal kekuatan Garuda Jaya. 

Selain itu, ada dua turnamen yang akan mereka ikuti di periode Maret hingga Agustus 2014 nanti. Yaitu sebuah turnamen mini di Vietnam yang diselenggarakan oleh AFF dan SCTV Championship.

Tapi, sebelum melaksanakan kegiatan-kegiatan itu, timnas U-19 terlebih dahulu akan melakoni safari keliling Indonesia di Februari 2014. Rencananya akan ada enam provinsi yang akan mereka jalani. 

Beberapa uji coba dengan tim lokal juga akan dijalani oleh timnas U-19 saat melakukan kegiatan itu. Memasuki program safari, skuad timnas U-19 sudah akan menyusut menjadi 28 pemain saja.

"Untuk uji coba ke Timur Tengah, akan bersamaan dengan rencana umrah dari PSSI (April 2014). Kami juga merencanakan untuk bisa beruji coba di Eropa. Program itu sudah disampaikan kepada PSSI. Lawannya siapa? Itu kami serahkan kepada PSSI," kata pelatih timnas U-19, Indra Sjafri, Jumat, 27 Desember 2013.

Timnas U-19 akan berlaga di putaran final Piala Asia, Myanmar pada Oktober 2014 mendatang. Evan Dimas dan kawan-kawan ditargetkan oleh PSSI dan Badan Tim Nasional bisa menembus partai semifinal sehingga mendapatkan tiket lolos langsung ke putaran Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Selandia Baru, 2015 mendatang. (viva)