Saturday, December 28, 2013

Kondisi Fisik Pemain Timnas U-19 Meningkat Tajam

Foto Sindonews
Seputar Timnas - Setelah hampir dua bulan menjalani latihan di Kota Batu, Jawa Timur, kondisi fisik pemain tim nasional sepak bola U-19 yang dipersiapkan untuk menghadapi Piala Asia U-19 pada 2014 memdatang, semakin meningkat.

Bila sebelum latihan level VO2Max --kemampuan menyerap oksigen saat beraktifitas-- pemain timnas u-19 masih berada di kisaran 50-55, kini sudah mampu mencapai level 63.

"Ada peningkatan yang cukup signifikan dari segi fisik setelah kita genjot dalam latihan tahap pertama ini di Batu, Malang, lebih dari satu bulan. Kita akan coba untuk terus meningkatkan lagi atau mempertahankan kondisi fisik yang ada ini sebelum latihan tahap kedua di Yogyakarta," kata pelatih timnas U-19, Indra Sjafrie kepada Media Indonesia, Jumat (27/12)

Latihan tahap pertama di Batu, bagi timnas U-19 memang difokuskan untuk membangun fisik pemain setelah kembali ke pemusatan latian nasional (pelatnas) usai menjalani liburan. 

Latihan tahap pertama akan berlangsung hingga 7 Januari tahun depan. Setelah itu, timnas U-19 akan berpindah tempat latihan ke Yogyakarta. Tahap itu disebut Indra sebagai tahap spesifik, yaitu tahap pembentukan tim.

Indra mengaku tidak punya pola istimewa dalam pelatnas timnas U-19, ia hanya menrapkan empat kriteria dasar bagi pemain untuk bisa lolos menjadi skuad inti timnas U-19, "sederhana saja, diantaranya dari segi fisik, mental dan kemampuan," kata pelatih asal Sumatera Barat itu menjelaskan.

Meski demikian, dia punya standar tinggi terhadap kriteria tersebut. Standar tinggi itulah yang membuat pelatnas timnas U-19 saat ini tingga; 34 pemain, dari sebelumnya 39 pemain saat pelatnas timnas U-19 baru dihelat.

Indra mengaku tidak segan-segan untuk mencoret pemain kapan pun selama pelatnas berlangsung. Pencoretan di dasarkan pada performa pemain saat menjalani latihan.

Setelah latihan tahap pertama usai, timnas U-19 menurut Indra baru akan menjalani laga uji coba. Ada 24 pertandingan ujicoba yang dijadwalkan oleh tim kepelatihan selama masa pembentukan tim tersebut. Lawan ujicoba akan terentang dari 3 jenis tur yang akan dihadapi oleh timnas U-19, yaitu tur nusantara, tur Timur Tengah, dan tur Eropa.

"Selama tur itu bisa saja ada pemain yang keluar dan baru masuk ke skuad timnas. Tapi tentu sesuai dengan persyaratan yang sudah saya buat. Misalnya, kalau dia punya VO2Max mencapai level 60, bisa saja dia kita rekrut untuk memperkuat timnas U-19, " tandas indra.[metro]