Saturday, December 21, 2013

Hadapi Final SEA Games 2013, RD Kuatkan Mental Pemain

Foto - Antara
Seputar Timnas - Pelatih Timnas U-23, Rahmad Darmawan, mengingatkan pemainnya agar tetap fokus pada pertandingan saat bertemu Thailand di final SEA Games XXVII, Sabtu, 21 Desember 2013. Menurut RD, konsentrasi sangat dibutuhkan oleh para pemainnya saat menghadapi partai krusial ini. 

Indonesia memang tinggal selangkah lagi mengakhiri paceklik medali emas cabang olahraga sepakbola di SEA Games. Emas terakhir dari cabang populer ini diraih Indonesia terakhir kali pada SEA Games 1991 lalu. 

"Di setiap kami punya kesempatan berkomunikasi dengan pemain, selalu kami sampaikan mengenai target. Penting membangkitkan mental bertanding mereka karena kalau mental menurun, fisik juga drop," kata RD usai latihan di kompleks Wunna Theikdi Stadium, Jumat, 20 Desember 2013. 

"Pemain harus fokus dalam organisasi permainan," sambung Rahmad. 

Indonesia mengawali kiprahnya di SEA Games 2013 dengan hasil yang kurang meyakinkan. Di babak penyisihan, Indonesia hanya mampu menang dengan skor tipis 1-0 melawan Kamboja dan kalah 1-4 atas Thailand. Garuda Muda juga hanya mampu bermain imbang 1-1 lawan Timor Leste. 

Beruntung saat berhadapan dengan Myanmar di laga terakhir Grup B, Indonesia akhirnya menang 1-0 dan berhasil lolos ke semifinal. Grafik penampilan Kurnia Meiga dan kawan-kawan terus meningkat hingga berhasil melaju ke final dengan mengalahkan juara Grup A, Malaysia 4-3 lewat drama adu penalti usai bermain imbang 1-1 hingga perpanjangan waktu. 

Bagi RD dan enam pemain Garuda Muda, ini merupakan final SEA Games kedua mereka. Namun RD mengingatkan kekalahan saat itu tidak perlu membebani mental bertanding para pemainnya saat bertemu Thailand. Pasalnya, kondisi pemain dua tahun lalu berbeda dengan saat ini.  

"Saya juga sampaikan jika kondisi jelang final tahun lalu berbeda. Tahun lalu semua pemain sangat kelelahan. Sangat lelah sekali. Karena kami main dipertandingan semi final lawan Vietnam yang memberikan perlawanan ketat. Apalagi di tambah kondisi lapangan hujan," bebernya. [viva]