Tuesday, December 31, 2013

6 Januari, Timnas U-19 Kembali Akan Coret 7 Pemain

Timnas U-19 - Tribun
Seputar Timnas -  Tim pelatih Timnas Indonesia U-19 menunda untuk mencoret tujuh pemain yang tengah melakukan pemusatan latihan di Kota Batu, Jawa Timur.

Masa pemusatan latihan tahap pertama tim yang dinahkodai Indra Sjafri itu hampir usai. Tim pelatih juga sudah memutuskan kalau pemusatan latihan tahap pertama akan berakhir pada tanggal 9 Januari 2014.

Pada tahap kedua, Timnas U-19 akan melakukan fase spesifik. Tahap ini akan berlangsung selama delapan bulan. Nantinya, akan ada 28 pemain yang mengikuti sesi pemusatan latihan tahap kedua di Yogyakarta.

Empat hari yang lalu, tim pelatih Timnas U-19 mencoret empat pemain, yakni Untung Wibowo (asal Palembang), Terens Owang Puhari (asal Papua), Andi Prayoga (posisi kiper), dan Muchamad Junda Irawan (asal Malang). Tim pelatih juga berjanji akan mencoret tujuh pemain lagi pada Senin (30/12/2013). Namun hal itu ditunda.

"Untuk saat ini belum ada pencoretan pemain lagi. Nanti tanggal 6 Januari 2014 baru akan kami umumkan," kata asisten pelatih Garuda Muda, Eko Purdjianto, Selasa (31/12/2013) dini hari WIB.

"Belum bisa saya sebutkan nama-nama pemain yang kemungkinan besar tidak akan diikutsertakan pada pemusatan latihan tahap kedua. Semua pemain mempunyai kesempatan yang sama, baik yang sudah terdaftar sejak mengikuti Piala AFF maupun saat kualifikasi Piala AFC, kalau tidak sesuai kriteria pasti dicoret," dia menegaskan.

Setelah fase spesifik berakhir, Garuda Muda akan mengikuti tahap terakhir, yakni uji coba lokal, internasional atau mengadakan mini turnamen.

Sebelumnya Badan Tim Nasional sudah menjelaskan kalau Garuda Muda akan melakukan tur nusantara pada tanggal 1 hingga 28 Februari 2014. Akan ada tujuh provinsi yang dikelilingi oleh Garuda Muda, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan. Masing-masing akan ada dua laga uji coba.

Selain tur nusantara, Garuda Muda juga akan mengikuti mini turnamen di Vietnam pada Bulan Maret 2014. Terakhir, Timnas U-19 akan melakoni uji coba di kawasan Timur Tengah melawan Uni Emirate Arab U-19, Qatar U-19, Oman U-19, Irak U-19 dan Iran U-19.[inilah]